Pengaruh Content Marketing, Influencer Marketing, Online Custumer Review Terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen Di Tiktok

Authors

  • Adil Satiawan Universitas Muhammadiyah Palopo
  • Rahmad Solling Hamid Universitas Muhammadiyah Palopo
  • Edi Maszudi Universitas Muhammadiyah Palopo

DOI:

https://doi.org/10.32528/jmbi.v9i1.238

Keywords:

Content Marketing, Influencer Marketing, Online Custumer Review, Keputusan Pembelian, Kepuasan Konsumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh online content marketing, influencer marketing, online custumer review terhadap keputusan pembelian dengan kepuasan konsumen pada Tiktok. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang berbelanja online pada toko online di Tiktok yang belum diketahui dengan pasti jumlahnya. pengambilan sample diambil dengan menggunakan sample non probabilitas dan telah diperoleh sebanyak 160 jumlah sample responden pengguna yang telah melakukan pembelian di Tiktok. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan partial least square (PLS). Berdasarkan hasil yang diperoleh dari penelitian ini mengindikasikan bahwa content marketing mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, influencer marketing berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, keputusan pembelian berpengaruh terhadap kepuasan konsumen, dan online custumer review berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Namun, terdapat hasil yang bervariasi yaitu content marketing masih belum berperan baik dalam menentukan tingkat keputusan konsumen, influencer marketing belum berperan baik dalam menentukan keputusan pembelian, online custumer review belum berperan baik terhadap kepuasan konsumen.

References

Abou Ali, A. A., Ali Associate Professor, A. A., Mostapha Professor, N., & Ali, A. (2021). The Role of Country of Origin, Perceived Value, Trust, and Influencer Marketing in Determining Purchase Intention in Social Commerce. Culture and Human Behavior, 2(2), 10. https://digitalcommons.bau.edu.lb/schbjournalAvailableat:https://digitalcommons.bau.edu.lb/schbjournal/vol2/iss2/10

Amalia, A. C., & Sagita, G. (2019). Analisa Pengaruh Influencer Social Media Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Generasi Z di Kota Surabaya. JURNAL SOSIAL : Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 20(2), 51–59. https://doi.org/10.33319/sos.v20i2.42

Aqilah, N. (2023). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk Fashion pada Situs Belanja Online Lazada. 6(1), 159–169.

Arti Sukma Lengkawati Taris Qistan Saputra. (2021). Pengaruh Influencer Marketing terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Elzatta Hijab Garut). Jurnal Pengembangan Manajemen, Bisnis, Keuangan Dan Perbankan, 18(1), 33–38. https://jurnal.stieyasaanggana.ac.id/

Banyu Bening and Lucia Kurniawati. (2019). The Influence of Content Marketing toward the Customer Engagement of Tokopedia Users in Yogyakarta.

Barus, N., Pangaribuan, M., & Purnama, S. (2021). Pengaruh Promosi Menggunanakan Media Sosial TikTok terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Ms. Glow pada Mahasiswa di Kota Medan. Prosiding Konferensi Nasional Social & Engineering Polmed (KONSEP), 2, 616–626.

Cesariana, C., Juliansyah, F., & Fitriyani, R. (2022). MODEL KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI KEPUASAN KONSUMEN PADA MARKETPLACE : KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN ( LITERATURE REVIEW MANAJEMEN PEMASARAN ). 3(1), 211–224.

Choedon, T., & Lee, Y. (2020). The Effect of Social Media Marketing Activities on Purchase Intention with Brand Equity and Social Brand Engagement : Empirical Evidence from Korean Cosmetic Firms. October. https://doi.org/10.15813/kmr.2020.21.3.008

Cinthya Ryana Sari, & Agus Molana Hidayat, S.E., M. S. (2021). Pengaruh Influencer Marketing Dan Kualitas Produk Terhadap Universitas Telkom the Influence of Influencer Marketing and Product Quality on Purchasing Decisions At Uniqlo. E-Proceeding of Management, 8(2), 1361–1368.

Dae Sinka Romenda, A. T. (2023). PENGARUH INFLUENCER , CONTENT MARKETING , DAN EFEKTIVITAS MEDIA TIKTOK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SABUN KOJIE SAN. 1, 9–12.

Fauziah, Y., Dwikotjo, F., Sumantyo, S., & Ali, H. (2023). Pengaruh Online Consumer Review , Kualitas Produk dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian. 1(1), 48–64.

Francisco, E., Fardos, N., Bhatt, A., & Bizel, G. (2021). Impact of the COVID-19 Pandemic on Instagram and Influencer Marketing. 13(2), 20–35. https://doi.org/10.5539/ijms.v13n2p20

Hamid, R. S. (2020). Niat Konsumen menggunakan Transportasi Ride-Hailing di tengah Pandemi COVID-19: Kerangka Kerja Konseptual dan Evaluasi Empiris. Jurnal Manajemen Teknologi, 19(3), 266–289. https://doi.org/10.12695/jmt.2020.19.3.4

Hariyanti, W. (2018). Pengaruh Influencer Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Digital Era Moderen. Jurnal Manajemen Dan Inovasi (MANOVA), 1(2), 14–23. https://doi.org/10.15642/manova.v1i2.350

Huda, I. U., Karsudjono, A. J., & Darmawan, R. (2021). Pengaruh Content Marketing Dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Pada Usaha Kecil Menengah Di Media Sosial. Al-KALAM JURNAL KOMUNIKASI, BISNIS DAN MANAJEMEN, 8(1), 32. https://doi.org/10.31602/al-kalam.v8i1.4156

Liang, H. L., & Lin, P. I. (2018). Influence of multiple endorser-product patterns on purchase intention: An interpretation of elaboration likelihood model. International Journal of Sports Marketing and Sponsorship, 19(4), 415–432. https://doi.org/10.1108/IJSMS-03-2017-0022

Liu, Y., Wan, Y., Shen, X., Ye, Z., & Wen, J. (2021). Product Customer Satisfaction Measurement Based on Multiple Online Consumer Review Features. 1–16.

Macmillan, P. (2019). Ding, W., Henninger, C.E., Blazquez, M., Boardman, R., (2019) ‘Effects of Beauty Vloggers’ eWOM and Sponsored Advertising on Weibo’ in Social commerce: Consumer Behaviour In Online Environments , Boardman, R., Blazquez, M., Henninger, C.E, Ryding, D., (Eds.) London, Palgrave Macmillan, pp. 235-253. 1–18.

Mahardini, S., Singal, V. G., & Hidayat, M. (2022). Pengaruh Content Marketing Dan Influencer Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pengguna Aplikasi Tik-Tok Di Wilayah Dki Jakarta. Ikraith-Ekonomika, 6(1), 180–187. https://doi.org/10.37817/ikraith-ekonomika.v6i1.2480

Melati, R. S., & Dwijayanti, R. (2020). Pengaruh Harga dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Case Handphone Pada Marketplace Shopee (Studi Pada Mahasiswa Surabaya). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(2), 882–888. https://forms.gle/t44jvKgVK6XAiZwi8.

Mukti Kemarauwana & Luluk Fitriani Chotim. (2021). PENGARUH STRATEGI PEMASARAN ONLINE DAN OFFLINE TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DAN MINAT BELI ULANG KONSUMEN PADA KONSUMEN PEMBELIAN PRODUK MAKANAN CEPAT SAJI DIKOTA SURABAYA. 19–32. https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results

Mulyati, Y., & Gesitera, G. (2020). Pengaruh Online Customer Review terhadap Purchase Intention dengan Trust sebagai Intervening pada Toko Online Bukalapak di Kota Padang. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 9(2), 173. https://doi.org/10.30588/jmp.v9i2.538

Putri, L., & Wandebori, H. (2016). Factors Influencing Cosmetics Purchase Intention. International Conference on Ethics of Business, Economics, and Social Science, 1, 255–263.

Rachmah, S. A., & Madiawati, P. N. (2022). Pengaruh Storytelling Marketing dan Electronic Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Café Kisah Manis Jalan Sunda di Kota Bandung melalui Content Marketing Creator TikTok. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 8(1), 48–60. http://www.jurnal.plb.ac.id/index.php/atrabis/article/view/918

Said, S., Kamase, J., Ella, H., Rachman, A., & Dunggio, T. (2020). Big data and content marketing on purchase decisions online in Indonesia. American Journal of Economics and Business Management, 3(1), 2576–5973. https://doi.org/10.31150/ajebm.Vol3.Iss1.123

Sawlani Kelly, D. (2021). DIGITAL MARKETING : BRAND IMAGE.

Setyaningsih, T. (2021). PENGARUH ISLAMIC BRANDING, BRAND IMAGE, DAN LIFESTYLE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK ZOYA OLEH MASYARAKAT PONOROGO. Skripsi.2021, 26(2), 173–180. http://www.ufrgs.br/actavet/31-1/artigo552.pdf

Welsa, H., Dwi Cahyani, P., & Meidyansyah, F. (2022). Pengaruh Sosial Media Marketing dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Konsumen sebagai Variabel Intervening. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 5(3), 1026–1036. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v5i3.1471

Downloads

Published

2023-06-29