Peran E-wom Konten Marketing dan Lifestyle Dalam Meningkatkan Kepercayaan Dan Minat Beli Generasi Milenial Pada Tokopedia

Authors

  • Irfat Nur Idris Universitas Muhammadiyah palopo
  • Rahmad Solling Hamid Universitas Muhammadiyah Palopo
  • Edi Maszudi Universitas Muhammadiyah Palopo

DOI:

https://doi.org/10.32528/jmbi.v9i1.241

Keywords:

E-wom, Kepercayaan, Konten Marketing, Lifestyle, Minat Beli

Abstract

Saat ini ada berbagai platform online yang mendukung berbagai kegiatan manusia seperti dalam kegiatan belanja, Tokopedia menjadi salah satu e-comerce yang banyak diminati oleh masyarakat, karena inovasi yang selalu dilakukan oleh Tokopedia untuk memberikan pelayanan terbaik bagi konsumen sebagai platform jual beli online. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran e-wom, konten marketing, lifestyle dalam meningkatkan kepercayaan dan minat beli generasi milenial pada Tokopedia. Jumlah keseluruhan dari populasi dalam riset ini belum diketahui, maka pengambilan sample diambil dengan memakai sample non probabilitas dan telah diperoleh sebanyak 155 jumlah sample responden costomer generasi milenial pada toko pedia. Pengujian hipotesis menggunakan teknik Struktural Equation Model. Berdasarkan hasil penelitian e-wom terhadap kepercayaan tidak berpengaruh signinifikan, e-wom terhadap minat beli tidak berpengaruh sinifikan, konten marketing berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan, konten marketing berpengaruh signifikan terhadap minat beli, lifestyle berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan, lifestyle terhadap minat beli tidak berpengaruh signifikan, kepercayaan terhadap minat beli tidak berpengaruh signifikan

References

Abad Amru Al Majid, S. (2022). Pengaruh Electronic Word of Mouth dan Brand Image terhadap Sikap dan Minat Beli Konsumen Pakaian Pada E-. Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 01(03), 24–38.

Agustini, M. P., Komariah, K., & Mulia, F. (2022). Analisis Interaksi Sosial Konten Marketing Dan Influencer Marketing Terhadap Minat Beli Produk Kosmetik (Survey Pada Konsumen Produk Dear Me Beauty Di Kota Sukabumi). Management Studies and Entrepreneurship Journal, 3(3), 1601–1610. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej

Aisyah, D., & Engriani, Y. (2019). Pengaruh Reputasi , Kualitas Informasi , dan e-WOM t erhadap Minat Beli pada Situs Jual Beli Online Tokopedia yang Dimediasi oleh Kepercayaan Pelanggan. 01, 48–59.

Alfian, Z., Utami, S., Manajemen, M. J., Ekonomi, F., Bisnis, D., Syiah Kuala, U., & Dosen, ). (2019). Pengaruh E-Wom Terhadap Keinginan Untuk Membeli Dengan Kepercayaan Merek Sebagai Variabel Mediasi Pada Pengguna Aplikasi Steam Di Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 4(1), 258–268. www.kompas.com,

Dharmayanti, D., & Juventino, A. K. (2020). Analisis Pengaruh Content Marketing Terhadap Customer Loyalty Dengan Customer Engagement Dan Brand Trust Sebagai Variabel Intervening Pada E-Commerce Zalora Indonesia Di Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran, 7(2).

Eltrisa Harahap, O., & Herawati Limbong, C. (2022). Analisis Pengaruh Citra Merek Dan Life Style Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Kecantikan Ms Glow (Studi Kasus Pada Toko Daya Farma) Dengan Brand Name Sebagai Variabel Intervening. Online) Journal of Educational and Language Research, 1(12), 2807–2937. http://bajangjournal.com/index.php/JOEL

https://dataindonesia.id/digital/detail/tokopedia-jadi-penguasa-ecommerce-indonesia-pada-februari-2022

Hamid, R. S. (2020). Niat Konsumen menggunakan Transportasi Ride-Hailing di tengah Pandemi COVID-19: Kerangka Kerja Konseptual dan Evaluasi Empiris. Jurnal Manajemen Teknologi, 19(3), 266–289. https://doi.org/10.12695/jmt.2020.19.3.4

Hamid, R. S. (2022). Analisis Dampak Aktivitas Pemasaran Media Sosial terhadap Kepercayaan. Jesya, 5(2), 1563–1570. https://doi.org/10.36778/jesya.v5i2.774

Luthfiyatillah, L., Millatina, A. N., Mujahidah, S. H., & Herianingrum, S. (2020). Efektifitas Media Instagram Dan E-Wom (Electronic Word Of Mouth) Terhadap Minat Beli Serta Keputusan Pembelian. Jurnal Penelitian IPTEKS, 5(1), 101–115. https://doi.org/10.32528/ipteks.v5i1.3024

Marka, M. M., & Arumsari, N. R. (2022). Gen Z Consumer Purchase Intention. UMMagelang Conference Series, 216–225. http://journal.unimma.ac.id/index.php/conference/article/view/7455%0Ahttps://journal.unimma.ac.id/index.php/conference/article/download/7455/3567/

Maulidiyah, R. N. (2021). Pengaruh Brand Image, Content Marketing, Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening Pada Produk Sabun Pemutih Gluta Collagen Soap. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 10–27.

Pendidikan, P., Niaga, T., Surabaya, U. N., Pendidikan, P., Niaga, T., & Surabaya, U. N. (2022). Pengaruh Compatibility Lifestyle Milenial Dan Peran Endorser Influencer Terhadap Minat Beli Pada Pengguaa “ Tiktok ” Shop Dinda Nimasayu Safri Tri Sudarwanto. 5(2), 10–17. https://doi.org/10.30587/jre.v5i2.4281

Rosita, A. (2018). Persepsi Risiko, Terhadap Kepuasan Melalui Kepercayaan Dalam E-Marketplace. Jurnal Ekobis Dewantara, 1(11), 20–28.

Saputra, G. G. (2021). Pengaruh content marketing dan e-wom pada media sosial tiktok terhadap keputusan pembelian generasi z. Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Manajemen Inovasi, 17(3), 505–512.

Sari, V. E. (2019). Pengaruh E-Wom, Lifestyle, Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Ticket Online Booking Pada Situs Traveloka.Com Di Ponorogo (Studi Kasus Pembelian Tiket Pesawat Dan Kereta Api). Jurnal Administrasi Bisnis Fisipol Unmul, 7(4), 474. https://doi.org/10.54144/jadbis.v7i4.2863

Syaputra, D. W. I. Y. (2019). Analisis E-Wom, Perceived Value Dan Perceived Quality Terhadap Kepercayaan Dan Dampaknya Kepada Keputusan Pembelian Produk Fashion Di Situs Online Shop Indonesia.

Yustiana, C., & E, N. J. S. (2021). Shopee Segmentasi Pria Di Indonesia . ( Studi pada Stray Kids sebagai Brand Ambassador ) The Influence Of Brand Ambassadors On The Buying Interest Of Shopee Male Segmentation Consumers In Indonesia . E-Proceeding of Management : Vol.8, No.2 April 2021, 8(2), 1235–1243.

Downloads

Published

2023-06-29