Pengaruh Keadilan Prosedural Dan Keadilan Distibutif Terhadap Kinerja Karyawan Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Palopo
DOI:
https://doi.org/10.37385/msej.v4i2.1680Keywords:
Distributif, Prosedural, Kinerja KaryawanAbstract
Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pengaruh Keadilan Prosedural, Keadilan Distributif terhadap kinerja karyawan dinas penanaman modal satu pintu kota palopo. Pengambilan sampel menggunakan metode random sampling, jumlah responden sebanyak 110. Data dianalisis secara kuantitatif dengan Analisis Regresi Berganda dengan menggunakan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, keadilan prosedural tidak berpengaruh terhadap kinerja pegawai. Keadilan distributif mempengaruhi kinerja karyawan. Keadilan prosedural dan keadilan distributif berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai.
References
Bahtiar Nur Syahbana, & Epsilandri Septyarini. (2021). Peran Mediasi Kepuasan Kerja Terhadap Pengaruh Keadilan Distributif dan Keadilan Prosedural Terhadap Komitmen Afektif - Kajian di Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Pacitan. Jurnal Manajemen, 11 (2), 112–129. https://doi.org/10.30656/jm.v11i2.3017
Datuan, N., Darmawansyah, & Daud, A. (2018). Pengambilan Sampel acak . 1 Kurikulum Fakultas Ekonomi Program Studi Manajemen Universitas PGRI Yogyakarta, 6 (1), 1–7.
Fericko Yudhian, E., Wibowo D.N, S.dan Laksmi Indiyastuti, D. (2020). Pengaruh Keadilan Distributif dan Keadilan Prosedural terhadap Turnover Intention sebagai Variabel Mediasi Kepuasan Kerja. Jbe, 27 (2), 123–134. https://www.unisbank.ac.id/ojs;
Fiona, P., Ekonomi, F., dan Tarumanagara, U. (2019). Pengaruh Mediasi Komitmen Karyawan terhadap Pengaruh keadilan Distributif dan Keadilan Prosedural Terhadap Turnover Intention. XXIV (03), 400–420.
Ganto, J., & Malikussaleh, U. (2019). Jurnal administarsi pendidikan. 26 (1), 156–164.
Junaidi, R., Susanti, F., Tinggi, S., Eknomy, I., & Kbp, ". (2017). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Uptd Baltekkomdik Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat. Jurnal Manajemen Dan Informasi, 2(3), 13.
Keadilan, D. A. N., Perusahaan, I., Budiarto, Y., & Wardani, R. P. (2005). Komitmen Karyawan Pada Perusahaan ( Studi Pada Perusahaan X ). 3 (2).
Kurniasyari, I., & Subiyanto, D. (2022). Pengaruh Keadilan Distributif, Keadilan Prosedural, Dan Kepuasan Kerja Terhadap Komitmen Organisasi. JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan), 5 (2), 453–467. https://doi.org/10.29408/jpek.v5i2.3672
Kusumawati, Y., & Putra, M. S. (2015). Pengaruh Keadilan Prosedural dan Keadilan Interaksional Terhadap Perilaku Retaliasi Karyawan. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 4(3), 249386.
Margaretha, M., dan Santosa, T. (2012). Keadilan Prosedural dan Keadilan Distributif Sebagai Prediktor Employee Engagement. Jurnal Manajemen Maranatha, 12(1), 113141.
Muis, D. U. (2017). Analisis No Struktur Kovarian Indeks Kesehatan Lansia di Rumah dengan Fokus Perasaan Subjektif tentang KesehatanTitlejepang. 1–14.
Mukaroh, E. N., & Nani, D. A. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Kinerja Karyawan (Vol. 2, Issue 1). http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/RJMBI
Psikologi, J. I. (2016). Komitmen Organisasi Di Pt . Sai Apparel Industries Semarang. 8(3), 186–194.
Putu, L., Aditya, D., & Musmini, L. S. (2021). Pengaruh Keadilan Distributif , Keadilan Prosedural , dan Gaya Kepemimpinan terhadap Fraud. 11(3), 591–600.
Santika, I. D., & Khoiriyah, B. (2021). Pengaruh Keadilan Prosedural dan Perceived Organizational Support ( Pos ) terhadap Kinerja Guru di Madrasah Ibtidaiyah Natar Lampung Selatan. 5, 4166–4171.
Widiastuti, R. K., & Aisyah, M. N. (2016). Pengaruh Keadilan Prosedural Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Tingkat Kepuasan Karyawan Sebagai Variabel Intervening. Nominal, Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 5 (1), 88–96. https://doi.org/10.21831/nominal.v5i1.11478
Wulansari, Y. A., Koesmono, T., & Junaedi, M. (2017). Pengaruh Keadilan Prosedural dan Stres Kerja terhadap Turnover Intention dengan Komitmen Organisasional sebagai Variabel Mediasi pada PT . PJB Services. 6(2), 112–124.