Islamic Tourism: Peran Islamic Facilities, Halal, Islamic Culture Dalam Menentukan Kepuasan Wisatawan

  • Ririn Saputri Universitas Muhammadiyah Palopo
  • Edi Maszudi Universitas Muhammadiyah Palopo
  • Rahmad Solling Hamid Universitas Muhammadiyah Palopo

Abstract

Untuk dapat menentukan kepuasan wisataawan, pariwisata, dituntut untuk memiliki strategi yang tepat agar dapat membangun hubungan yang baik dengan wisatawannya. Peran Islamic facilities, halal, dan Islamic culture dalam menentukan kepuasan wisatawan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah peran Islamic facilities, halal, Islamic culture dalam menentukan kepuasasn wisatawan di wisata Kabupaten Toraja Utara dan Tanah Toraja. Penelitian ini menggunakan variabel independen (Islamic facilities, halal, Islamic culture) dan variabel dependen (kepuasan wisatawan). Populasi dalam peneletian ini yaitu wisatawan yang berkunjung ke wisata kabupaten toraja utara dan tanah toraja berjumlah 128 wisatawan. Penentuan jumlah sampel yaitu dengan menggunakan pertimbangan sampel minimum (10 x jumlah item pengukuran). Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu regresi linear. Hasil penelitian diperoleh informasi bahwa Islamic facilities, halal tidak memiliki peran signifikan dalam menentukan kepuasan wisatawan. dan diperoleh informasi bahwa memiliki peran positif dan signifikan dalam menentukan kepuasan wisatawan Islamic culture.

Keywords: Islamic Facilities, Halal, Islamic Culture, Kepuasan Wisatawan

References

Andre Novie Rahmanto, & Sri Hartini. (2020). Branding Hotel Syariah Dalam Mendukung Halal Tourism Di Kota Solo. NIVEDANA : Jurnal Komunikasi Dan Bahasa, 1(1), 50–60.

Andrian, W., & Fadillah, A. (2021). Pengaruh Citra Merek, Pengalaman Merek, Dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan Airasia. Jurnal Ilmiah Pariwisata Kesatuan, 2(1), 53–60.

Ayu, D., Puspitasari, K., Ulang, M. B., & Wisatawan, K. (2021). Analisis Peran Kepuasan Wisatawan Memediasi Pengaruh Atribut Wisata Halal Terhadap Minat Berkunjung Ulang Pantai Syariah Banyuwangi. 4(1), 45–54.

Daffa, K. Van, & Ratnasari, I. (2022). Pengaruh Citra Destinasi dan Promosi Terhadap Kepuasan Wisatawan di Puncak Sempur Kabupaten Karawang. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(1), 362–372.

Daly, F. P. (2018). Pengaruh Wisata Halal Terhadap Kepuasan Wisatawan Berkunjung Ke Kota Banda Aceh. Skripsi. Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh. 15 Desember 2018. (https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9926/1/SKRIPSI%20FULL.pdf)

Djakfar, I., & Isnaliana, I. (2021). Model Pendampingan Pengurusan Sertifikasi Produk Makanan Halal bagi UMKM dalam Mendukung Banda Aceh Menjadi Kota Wisata Halal. Wikrama Parahita : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 80–88. https://doi.org/10.30656/jpmwp.v5i1.2742

Fajrin, A. R., Wijayanto, G., & Kornita, S. E. (2021). Pengaruh Fasilitas dan Lokasi Terhadap Kepuasan dan Minat Berkunjung Kembali Wisatawan Candi Muara Takus Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar. Jurnal Ekonomi Kiat, 32(1), 40–47.

Fikiya, M., Fathoni, M. A., & Yetty, F. (2021). Pengaruh 4A Pariwisata Halal Terhadap Kepuasan Wisatawan Berkunjung ke DKI Jakarta. Business Management, Economic, and Accounting National Seminar, 2(1), 348–364

Hamid, R. S., & Kunci, K. (2022). Analisis Dampak Kepercayaan Aktivitas Pemasaran Media Sosial terhadap. 5(2), 1563–1570.

Hamidah. (2022). Pengaruh Fasilitas Wisata Terhadap Kepuasan Pengunjung di Daya Tarik Wisata Pantai Air Bangis Pasaman Barat. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Humaniora, 6(2), 167–172. https://doi.org/10.23887/jppsh.v6i2.38664

Hani, U. (2019). Analisis Kepuasan Pengunjung Wisata Islamic Centre Kabupaten Rokan Hulu. Hirarki : Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 1(1), 30–43. https://doi.org/10.30606/hirarki.v1i1.82

Irmawati, S. (2021). Penerapan Budaya Islami di Lingkungan Sekolah. GUAU:Jurnal Pendidikan Guru Agama Islam, 1(3), 281 dan 287.

Joesoef, J. R., Wahyono, G. B., Ekonomi, F., Bisnis, D., & Gajayana, U. (2020). Atribut wisata halal sebagai peningkatan daya saing pariwisata. 4(2), 3–6.

Saleh, M., & Desky, H. (2022). Pengembangan Wisata Islami : Strategi Pemasaran Wisata Halal di Bumi Syariah. 6(April), 1221–1238.

Saputro, M. S. D., Wardi, Y., & Abror, A. (2018). The Effect of Halal Tourism on Customer Satisfaction. 57(Piceeba), 275–282.

Situmorang, M. C., Norvadewi, N., & Yuliani, I. (2022). PENGARUH FASILITAS MOBILE BANKING DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH BANK SYARIAH DI PERUMAHAN BUMI PRESTASI KENCANA SAMARINDA. Indonesian Scientific Journal of Islamic Finance, 1(1), 78-85

Sudarwan, W. E., Zahra, S., & Tabrani, M. B. (2021). Fasilitas, Aksesibilitas Dan Daya Tarik Wisata Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Wisatawan Pantai Sawarna Kabupaten Lebak. Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 1(1), 284–294. http://valuasi.lppmbinabangsa.id/index.php/home/article/view/29

Sukma Irdiana, Kurniawan Yunus Ariyono, & Kusnanto DSukma Irdiana, Kurniawan Yunus Ariyono, & Kusnanto Drmawan. (2021). Pengaruh Wisata Halal Terhadap Kepuasan Pengunjung Dan Minat Berkunjung Kembali. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 1(3), 421–428. https://doi.org/10.53625/jcijurnalcakrawalaindonesia.v1i3.620rmawan. (2021). Pengaruh Wisata Halal Terhadap Kepuasan Pengunjung Dan Minat Berkunjung Kembali. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 1(3), 421–428.
     Plum Analytic Metrics

Published
2023-06-01

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.