Islamic Tourism: Peran Atribut Wisata Halal dalam Menentukan Kepuasan dan Loyalitas Wisatawan
Abstract
Perkembangan pariwisata halal di Indonesia memiliki dampak positif terhadap perkembangan ekonomi. Pariwisata merupakan salah satu sektor yang memiliki peran dalam mendukung perekonomian. Industri Pariwisata juga mulai terlihat perbaikan mulai dari pelayan hingga infrastruktur pendukung untuk kenyamanan wisatawan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memastikan dan mengevaluasi pengaruh pariwisata halal terhadap kepuasan dan minat pelanggan untuk kembali ke destinasi wisata. Populasi didalam penelitian ini yaitu wisatawan yang telah mengunjungi permandian air panas pincara Kab. Luwu Utara sebanyak 111 responden. Penentuan jumlah sampel yaitu dengan menggunakanpertimbangan sampel minimum (10 x Jumlah item pengukuran) skala linier. Hasil penelitian diperoleh informasi bahwa atribut wisata halal memiliki pengaruh langsung dan signifikan terhadap kepuasan dan loyalitas wisatawan
References
Daly, F.P. (2018). Pengaruh Wisata Halal Terhadap Kepuasan Wisatawan Berkunjung Ke Kota Banda Aceh. Skripsi. Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh. Diakses pada tanggal 22/2/2023 (https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9926/1/SKRIPSI%20FULL.pdf)
Djawas, S. R. (2021). Inovasi Atribut Wisata Halal Dan Dampaknya Terhadapkepuasan Dan Loyalitas Dengan Efek Religiusitas Wisatawan Muslim Sebagai Variabel Moderasi. e-Repository Sarjana FEB Universitas Gajayana Malang.
Finarsih, F. (2019). Survei Perkembangan Objek Wisata Permandian Air Panas Pincara Kecamatan Masamba Kabupaten Luwu Utara Skripsi (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar) Diakses pada tanggal 20/2/2023 (https://downloads/JURNAL%20SKRIPSI.pdf).
Hamid, R. S. (2020). Niat Konsumen menggunakan Transportasi Ride-Hailing di tengah Pandemi COVID-19: Kerangka Kerja Konseptual dan Evaluasi Empiris. Jurnal Manajemen Teknologi, 19(3), 266–289.
Hamid, R. S. (2022). Analisis Dampak Aktivitas Pemasaran Media Sosial terhadap Kepercayaan. Jesya, 5(2), 1563–1570.
Laksana, R. D., Shaferi, I., Wibowo, S., Nurfitri, T., & Setyawati, S. M. (2022, July). Atribut Budaya, Kepuasan dan Loyalitas Wisatawan dengan Model Multi Group Analysist: Analisis Kunjungan Wisatawan Pertama Kali dan Kunjungan Berulang. In MidYear National Conference and Call for Paper (Vol. 1, No. 01).
Joesoef, J. R., & Wahyono, G. B. (2020). Atribut Wisata Halal Sebagai Peningkatan Daya Saing Pariwisata. e-Repository Dosen Universitas Gajayana Malang.
Sukma Irdiana, O., Yunus Ariyono, K., Drmawan, K., Widya, S., & Lumajang, G. (2021). Pengaruh Wisata Halal Terhadap Kepuasan Pengunjung Dan Minat Berkunjung Kembali. In JCI Jurnal Cakrawala Ilmiah 1(3).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.