Peran e-Wom e-Service Quality dan e-Trust dalam Menentukan Keputusan Pembelian
Abstract
Di era new normal segala sesuatu menggunakan teknologi canggih terutama perkembangan ekonomi dan bisnis. Hadirnya aplikasi tiktok dapat menjadi wadah bagi pelaku penjual online dan menggunakan influenser sebagai pengaruh mencapai tujuan pemasaran sebuah brand. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran e wom, e service quality, dan e trust dalam menentukan keputusan pembelian. Jenis penelitian yang di gunakan adalah kuantitatif. Penelitian ini menggunakan 12 indikator oprasional. Jumlah sampel yang di gunakan dalam penelitian ini adalah 120 responden. Hasil penelitian; pertama, e wom berpengaruh positif dan singnifikan terhadap keputusan pembelian di tiktok; kedua, e service quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di tiktok; ketiga e trust tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di tiktok.
References
Barkah, Barkah, and Mayang Elsa Nabila. 2021. “Pengaruh E-Service Quality, E-Trust, & E-WOM Terhadap ESatisfaction Pengguna Aplikasi Shopee Di Kota Pontianak.” Proceeding Seminar Bisnis Seri V: 269–77. https://pascasarjanafe.untan.ac.id/wp-content/uploads/2022/05/26.pdf.
Emerlinda, Jeni Wulandari, & Diang Adistya. 2020. “Analisis E-Trust, E-Wom & E-Service Quality Dalam Keputusan Pembelian Online.” Jurnal Perspektif Bisnis 3(2): 63–75.
Fadhilah, & Galih Ginanjar Saputra. 2021. “Pengaruh Content Marketing & E-Wom Pada Media Sosial Tiktok Terhadap Keputusan Pembelian Generasi Z.” Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Manajemen Inovasi 17(3): 505–12.
Febriyantia, Nur Fitria, & Renny Dwijayanti. 2022. “Pengaruh E-Service Quality & Electronic Word Of Mouth ( E-WOM ) Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Emina ( Studi Pada Remaja Di Kota Surabaya ).” Jurnal Jempper 1(2): 196–206.
Hamid, Rahmad Solling. 2022. “Analisis Dampak Kepercayaan Aktivitas Pemasaran Media Sosial Terhadap.” 5(2): 1563–70.
Hilda, & Nur Afifah. 2020. “Digital Marketing Strategi Terbaik UMKM Untuk Hadapi New Normal.” Strategi Pemulihan Bisnis UMKM Masa Adaptasi Kebiasaan Baru 12(6): 55–64. http://pascasarjanafe.untan.ac.id/wp-content/uploads/2021/01/8.pdf.
Jayaputra, Ricky et al. 2022. “Pengaruh E-Service Quality & E-Trust Terhadap Repurchase Intention Melalui E-Customer Satisfaction Pada Pengguna Shopee Food."10(1).
Manvi, Kurnia Illahi, & Retno Maudyana. 2021. “Analisis Electronic Word Of Mouth ( E-Wom ) Di Daya Tarik Wisata Linggai Park Duo Koto Tanjung Raya Kabupaten Agam.” 2: 145–55.
Ningtiyas, Anisha Wahyu, Basthoumi Muslih, & Dodi Kusuma Hadi Soedjoko. 2022. “Analisis Pengaruh E-Service Quality, e-Trust Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di Artee Collection Nganjuk.” Simposium Manajemen dan Bisnis: 214–22.
Nurrohman, Faris, & Agung Utama. 2018. “Pengaruh Electronic Word Of Mouth, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Smartphone Merek Blackberry Di Yogyakarta).” (1): 37–45.
Padmawati, Ni Made, & I Gusti Agung Ketut Gede Suasana. 2020. “Peran Kepercayaan Merek Dalam Memediasi Pengaruh E-Wom Terhadap Keputusan Pembelian Produk Chatime Di Bali.” E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana 9(7): 2621.
Putri, Pramudya, Anggraini, Fadilla, & Finisica Patrikha, Dwijayati. 2021. “Pengaruh E-Service Quality & E-Wom Terhadap Keputusan Pembelian.” Jurnal Manajemen Strategi dan Aplikasi Bisnis 4(2): 449–60.https://doi.org/10.36407/jmsab.v4i2.329.
Rojiqin, Muhammad Khoirul, Sugeng Nugroho Hadi, & Yuana Tri Utomo. 2022. “Pengaruh E-Service Quality & E-Trust Terhadap E-Customer Loyalty Shopee Melalui E-Satisfaction Di Masa Pandemi Covid-19 Ditinjau Dari Prespektif Syariah.” Jamasy : Jurrnal Akuntansi, Manajemen & Perbankan Syariah 2(2020): 1–16.
Rufina Pramuditha, Syarifah Hudayah, & Herning Indriastuti. 2021. “Pengaruh E-Service Quality, E-Trust Terhadap E-Satisfaction & E-Loyalty Konsumen.” Sketsa Bisnis 8(2): 123–34.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.