Peran Influencer Marketing Online Customer Review dan Content Marketing dalam Keputusan Pembelian Pada Sosial Instagram

  • Herman Herman Universitas Muhammadiyah Palopo
  • Edi Maszudi Universitas Muhammadiyah Palopo
  • Rahmad Solling Hamid Universitas Muhammadiyah Palopo
  • Putri Dewintari Universitas Muhammadiyah Palopo
  • Atika Aulia Universitas Muhammadiyah Palopo

Abstract

Tema penelitian ini adalah Peran Influencer Marketing, Online Customer Review dan Content Marketing Dalam Keputusan Pembelian Pada Sosial Instagram. Jenis penelitian kuantitatif. Penelitian ini digunakan 12 indikator untuk mendapatkan jumlah responden, jumlah sampel sebanyak 150 responden. Data yang digunakan dalam penelitian ini dikumpulkan melalui survey online. Kuesioner berisi 12 pertanyaan terkait aktivitas sosial media marketing dan kepercayaan dengan skala Likert. Penelitian ini menggunakan teknik Kaiser Meyer Olkin Measure of Sampling (KMO) dan Bartlett Test of Sphericity dengan bantuan software SPSS versi 24. Nilai rule of tumb yang digunakan yaitu nilai KMO > 0,5. Selanjutnya untuk menguji reliabilitas instrument pengukuran digunakan prosedur Cronbach’s Alpha dengan mengacu pada rule of tumb (α > 0,60). Untuk tahap pengujian hipotesis, menggunakan pendekatan analisis regresi linier. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa influencer marketing, online costumer review dan content marketing memiliki hubungan positif secara langsung terhadap keputusan pembelian terhadap sebuah produk pada media Instagram.

Keywords: Influencer marketing, online customer review, content marketing

References

Abdjul, F., D Massie, J. D., Mandagie, Y., Manajemen, J., & Ekonomi dan Bisnis, F. (2022). Pengaruh Content Marketing, Search Engine Optimization Dan Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Mahasiswa Feb Unsrat Di E-Commerce Sociolla the Effect of Content Marketing, Search Engine Optimization, and Social Media Marketing on Purchase . 10(3), 225–236.

Amalia, K., & Nurlinda, R. A. (2022). Pengaruh Influencer Marketing Dan Online Customer Review Terhadap Purchase Intention Melalui Perceived Value Produk Serum Somethinc. Sibatik Journal | Volume, 1(11), 2383–2398.

Arti Sukma Lengkawati Taris Qistan Saputra. (2021). Pengaruh Influencer Marketing terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Elzatta Hijab Garut). In Jurnal Pengembangan Manajemen, Bisnis, Keuangan dan Perbankan (Vol. 18, Issue 1).

Dkk, S. &. (2015). Pengaruh Cita Rasa Dan Promosi Melalui Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Kopi Janji Jiwa Bandar Lampung. Jurnal Manajemen Bisnis Islam, 3(1).

Hamid, R. S. (2022). Analisis Dampak Aktivitas Pemasaran Media Sosial terhadap Kepercayaan. Jesya, 5(2), 1563–1570.

Hariyanto, H. T., & Trisunarno, L. (2021). Analisis Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating, dan Star Seller terhadap Kepercayaan Pelanggan Hingga Keputusan Pembelian pada Toko Online di Shopee. Jurnal Teknik ITS, 9(2).

Hutomo, A., Marditama, T., Limakrisna, N., Sentosa, I., Lee, J., & Yew, K. (2020). Green Human Resource Management, Customer Environmental Collaboration and the Enablers of Green Employee Empowerment: Enhanching an Environmental Performance. 1(2), 358–372.

Ngadimen, A. N., & Widyastuti, E. (2021). Pengaruh social media marketing, online customer review, dan religiusitas terhadap keputusan pembelian konsumen shopee di masa pandemi Covid-19 dengan minat beli sebagai variabel intervening. Journal of Management and Digital Business, 1(2), 122–134.

Nur, D., & Bayu, D. I. M. (2022). Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro Jl. Prof. Soedharto SH Tembalang, Semarang 50239, Phone: +622476486851. Journal of Management ISSN (Online): 2337-3792, 4(2), 1–12.

Rachmah, S. A., & Madiawati, P. N. (2022). Pengaruh Storytelling Marketing dan Electronic Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Café Kisah Manis Jalan Sunda di Kota Bandung melalui Content Marketing Creator TikTok. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 8(1), 48–60.

Saputra, F., & Mahaputra, M. R. (2022). Relationship of Purchase Interest , Price and Purchase Decisions to IMEI Policy ( Literature Review Study ). Journal of Low Politic and Humanities, 2(2), 71–80.

Sugiarto Maulana, Y., Hadiani, D., & Wahyuni, S. (2021). Pengaruh Penggunaan Influencer Instagram Terhadap Citra Merk Dan Dampaknya Terhadap Peningkatan Penjualan. Perwira Journal of Economics & Business, 1(2), 1–7.

Ustadriatul Mukarromah, Mirtan Sasmita, & Lilis Rosmiati. (2022). Pengaruh Konten Marketing dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian dengan Dimediasi Minat Beli pada Pengguna Aplikasi Tokopedia. MASTER: Jurnal Manajemen Strategik Kewirausahaan, 2(1), 73–84.

Uyuun, S. N., & Dwijayanti, R. (2022). Pengaruh Influencer Marketing Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening Pada Mahasiswa FEB UNESA. Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata Dan Perhotelan, 1(2), 164–174.

Yofita. (2020). Pengaruh Online Customer Review terhadap Purchase Intention dengan Trust sebagai Intervening pada Toko Online Bukalapak di Kota Padang. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 9(2), 173.
     Plum Analytic Metrics

Published
2023-06-01

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.