Pengaruh Viral Marketing Online Consumer Reviews Dan Etika Konsumsi Islam Terhadap Keputusan Pembelian Di Instagram

  • Paturrahman Paturrahman Universitas Muhammadiyah Palopo
  • Edi Maszudi Universitas Muhammadiyah Palopo
  • Rahmad Solling Hamid Universitas Muhammadiyah Palopo
  • Putri Dewintari Universitas Muhammadiyah Palopo
  • Wafiq Azzahra Universitas Muhammadiyah Palopo

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Pengaruh viral marketing, online consumer reviews dan etika konsumsi islam terhadap keputusan pembelian di Instagram. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan 12 indikator operasional. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 120 responden. Hasil penelitian; pertama, viral marketing terdapat hubungan positif dan siginifikan antara viral marketing dengan keputusan pembelian di Instagram, kedua, Online costumer reviews memiliki hubungan positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di Instagram, ketiga, ditemukan tidak berpengaruh etika konsumsi islam terhadap keputusan pembelian di Instagram dan keempat, viral marketing (X1), online consumer reviews (X2), etika konsumsi Islam (X3) berpengaruh terhadap keputusan pembelian di Instagram.

Keywords: Viral Marketing, Online Consumer Reviews, Etika Konsumsi Islam

References

Arjunita, I., Lapian, S. L. H. V. J., & Lumantow, R. Y. (2021). Pengaruh Viral Marketing, Store Atmosphere, dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kopi Tuya Manado. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 9(3), 437–446.
Astuti, R., Ardila, I., & Lubis, R. R. (2019). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Merek Converse The Effect of Promotion and Product Quality on the Purchase Decision of Converse Brand Shoes. Akmami, 2(2), 204–219.
Evan Saktiendi, Septi Herawati, Lince Afri Yenny, & Amelia Wahyu Agusti. (2022). Pengaruh Viral Marketing, Promosi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian MS Glow di Bumi Indah Kabupaten Tangerang. Formosa Journal of Multidisciplinary Research, 1(2), 197–210.
Glennardo, Y. (2016). Viral Marketing Sebagai Media Pemasaran Sosial Dalam Mendongkrak Kesadaran Masyarakat Untuk Berperan Aktif Dan Bergabung Dengan Organisasi Non Profit/Niarlaba. Journal of Management Studies, 10(2), 196.
Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., Sarstedt, M., & Thiele, K. O. (2017). Mirror, mirror on the wall: a comparative evaluation of composite-based structural equation modeling methods. Journal of the Academy of Marketing Science, 45(5), 616–632.
Hamid, R. S., & Patra, I. K. (2019). Pengantar Statistika untuk Bisnis dan Ekonomi. 978-623-7411-00-0. 227.
Holwati, R., Setyowati, T., & Reskiputri, T. D. (2021). Pengaruh Viral Marketing, Online Marketing, Dan Store Location Terhadap Keputusan Pembelian (Studi kasus Pada UMKM Arsa Holtikultura Desa Karangsono). Jurnal Penelitian IPTEKS, 6(2), 157–163.
Ica, Y. (2022). Analisis Pengaruh Pendapatan, Kesesuaian Harga, Pemahaman Agama, Dan Etika Konsumsi Islam Terhadap Keputusan Penggunaan Hijab. (Studi Kasus Mahasiswi Muslim Universitas Brawijaya Malang) 1(1), 61–71.
Janna, N. M., & Herianto. (2021). Konsep Uji Validitas Dan Reliabilitas Dengan Menggunakan Spss Nilda. Jurnal Darul Dakwah Wal-Irsyad (DDI), 18210047, 1–12.
Mo, Z., Li, Y.-F., & Fan, P. (2015). Effect of Online Reviews on Consumer Purchase Behavior. Journal of Service Science and Management, 08(03), 419–424.
Mustaqor, A., & Winanto, S. (2022). Pengaruh Payment Gateway dan Kemudahan Transaksi Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Etika Konsumsi Islam Sebagai Variabel Moderasi: Studi Kasus Produk Mukenah Dalanova, Widiping. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(1), 1–7.
Nita, L., Pasi, K., & Sudaryanto, B. (2021). Analisis Pengaruh Online Customer Reviews Dan KualitasPelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening ( Studi pada Konsumen Shopee di Kota Semarang ). 10, 1–12.
Noky, A. (2021). Pengaruh Online Customer Review dan Tagline Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Di Marketplace Shopee dengan Minat Beli SebagaI Variabel Intervening: Studi Pada Generasi Muda Surabaya. Pesquisa Veterinaria Brasileira, 26(2), 173–180.
Nuraidah. (2020). Pengaruh Celebrity Endorsement Dan Viral Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Oppo Di Kalangan Pelajar Sma Negeri 2 Banda Aceh Zuraidah. 10(2), 67–83.
Pontoh, N., Frendy A. O. Pelleng, & Danny D. S. Mukuan. (2021). Pengaruh Viral Marketing Dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Media Online Instagram (Studi Kasus Pada Karyawan Pt. Suryagita Nusaraya Di Jakarta). Jurnal Administrasi Bisnis, 1(1), 25–31.
Putri, L., & Wandebori, H. (2016). Factors Influencing Cosmetics Purchase Intention In Indonesia Based On Online Review. International Conference on Ethics of Business, Economics, and Social Science (ICEBEES), 255–263.
Raffaele, F., Fraser, M., Bruce, T., & Zhibin, L. (2018). Consumer Perceptions of Information Helpfulness and Determinants of Purchase Intention in Online Reviews of ServiceS. Information and Management, 55(8), 956–970.
Ramadan, F., Hafid, H., & Muhammadiyah, S. (2021). Pengaruh online customer review dan e-service quality terhadap keputusan pembelian melalui marketplace. Forum Ekonomi, 23(3), 405–412.
Raturandang, V. E. (2022). Pengaruh Lifestyle,Inovasi Produk Dan Viral Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Ms Glow Pada Reseller Pasar 45 Manado. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(2), 620.
Sugiarti, D. I. (2021). Jurnal Sosial dan Teknologi ( SOSTECH ) Pengaruh Consumer Review Terhadap Pembeli Terhadap Toko Online Shopee Keputusan e-ISSN 2774-5155. 1(9), 954–962.
Susanti, E., Sari, N., & Amri, K. (2018). Ekobis : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Syariah Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Makanan Kemasan ( Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam ).2(1), 44-50
Trian Kurnia, et al (2020). Pengaruh Viral Marketing Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Compass Melalui Media Sosial Instagram, 45(9), N-193-"N-196".
Zulni. (2021). Pengaruh Etika Konsumsi Islam Dalam Penggunaan Dompet Digital Sebagai Perluasan Model Utaut. Tesis. Fakultas Ilmu Agama Islam Program Studi Ilmu Agama Islam Program Magister. Diakses pada tanggal 6 Januari 2023, (https://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/30898/18913050%20Dhiyaul%20Aulia%20Zulni.pdf?sequence=1)
     Plum Analytic Metrics

Published
2023-06-01

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.