Pengaruh Brand Import Thrift Dan Harga Terhadap Preferensi Konsumen (Study Kasus Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palopo)

  • Anjelina Dwi Senda Universitas Muhammadiyah Palopo
  • Suhardi M. Anwar
  • Andi Rizkiyah Hasbi

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Pengaruh Brand Import Thrift, dan Harga terhadap Preferensi Konsumen. Thrift yang saat ini popular di semua kalangan masyarakat terutama Mahasiswa, melaui pertimbangan mendapatkan barang yang bermerk dengan kualitas yang bagus tentu mendorong minat beli terutama jika harga terjangkau. jenis penelitian  ini menggunakan metode kuantitatif dengan Teknik Simple random Sampling dan diolah melaui Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) 22.0. Data dikumpulkan melalui teknik kuesioner menggunakan Goggle Form yang disebar kepada 100 responden terdiri dari mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palopo yang senang dan suka  membeli barang-barang import thrift baik secara langsung maupun secara online. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Barang Import Thrift berpengaruh signifikan  terhadap Preferansi Konsmen, 2) Harga berpengaruh signifikan Terhadap Preferensi Konsumen. Nilai R2 sebesar 0,561 berarti bahwa 56,1% Preferensi Konsumen pada barang Import Thrift dan Harga, sisanya 24,2 dijelaskan oleh variabel lain di luar penelitian ini.

Keywords: Brand Import Thrift, Harga , Preferensi Konsumen

References

Ernawati, Iis. 2017. “UJI KELAYAKAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN ADMINISTRASI SERVER.” Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education) 2 (2): 204–10. https://doi.org/10.21831/elinvo.v2i2.17315.

Hasanah, Ilfatul. 2020. “Efektivitas Pengelola Bisnis Online Shopping Terhadap Penyedia Jasa Kurir PT. JNE Situbondo.” Al-Kharaj: Journal of Islamic Economic and Business 2 (2): 1–22. https://doi.org/10.24256/kharaj.v2i2.1528.
Merek, Pengaruh Citra, Kualitas Produk, Harga Terhadap, Keputusan Pembelian, and Ida Yulianti. 2022. “PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA THRIFT SHOP Viola” 1 (1): 110–18.

Pada, Survei, Generasi Muda, Calon Konsumen, and Produk Thrift. 2022. “Pengaruh Brand Image , Perceived Quality , Perceived Price Terhadap Niat Beli” 10 (2): 327–36. https://doi.org/10.37641/jimkes.v10i2.1422.

Permata, Rika Ratna, Tasya Safiranita, and Biondy Utama. 2019. “PENTINGNYA MEREK BAGI PELAKU USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH DI JAWA BARAT.” Dialogia Iuridica: Jurnal Hukum Bisnis Dan Investasi 10 (2): 33–38. https://doi.org/10.28932/di.v10i2.1133.

Pujiati, Naning. 2020. “ANALISIS PENYEBAB FLUKTUASI HARGA BARANG POKOK DI PASAR KABUPATEN MAGETAN JAWA TIMUR.” Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Ekonomi Akuntansi 4 (2): 191. https://doi.org/10.31851/neraca.v4i2.4906.

Rahardi, Naufal, and Ranti Wiliasih. 2016. “ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP HOTEL SYARIAH.” JURNAL SYARIKAH : JURNAL EKONOMI ISLAM 2 (1). https://doi.org/10.30997/jsei.v2i1.293.

Rahayu, Sri, and Darman Syafe’i. 2022. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan.” Jesya 5 (2): 2192–2107. https://doi.org/10.36778/jesya.v5i2.808.

Rosmaniar, Aulia, Artia Rahmawati, Rio Riandi, Selly Suci Martasari, and Tri Putra Ganesha. 2021. “Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pada Thrift Store Di Instagram.” Digital Economic, Management and Accounting Knowledge Development (DEMAnD) 2 (1): 1–10. https://doi.org/10.46757/demand.v2i1.140.

Suarningsih, Kadek, Wahyu Nugroho, and Gusti Aditya. 2021. “Thrift Shopping Sebagai Alternatif Konsumsi Fashion.” Jurnal Ilmiah Sosiologi 1 (2): 1–12.
     Plum Analytic Metrics

Published
2023-06-01

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.