Pengaruh Viral Marketing, Media Pemasaran Online, Kepercayaan Pelanggan Terhadap Keputusan Pembelian Tiktokshop
Abstract
Media sosial merupakan teknologi digital yang dibuat untuk memudahkan manusia dalam melakukan aktifitasnya, meskipun awalnya media sosial hanya digunakan sebagai alat bertukar informasi dengan keluarga maupun kerabat. Seiring perkembangan zaman media sosial dimanfaatkan oleh perusahaan besar maupun kecil untuk kegiatan pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Viral marketing, media pemasaran online terhadap keputusan pembelian pada Tiktokshop. Populasi dalam penelitian ini yaitu pengguna media sosial Tiktokshop dari generasi milenial dengan jumlah 120. Jumlah sampel ditentukan dengan menggunakan pertimbangan sampel minimum (10 x jumlah item pengukuran). Penelitian ini menggunakan 3 variabel independen (X) dan 1 variabel dependen (Y), menggunakan metode analisis regresi linear. Hasil penelitian dijelaskan bahwa media sosial Tiktokshop dapat meningkatkan aktifitas penjualan dan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian.
References
Ana, W., Sophan, T. D. F., Nisa, C., & Sanggarwati, D. A. (2021). Pengaruh Pemasaran Media Online Dan Marketplace Terhadap Tingkat Penjualan Produk Umkm Cn Collection Di Sidoarjo. Media Mahardhika, 19(3), 517–522.
Andika, A., & Susanti, F. (2018). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Parfum Di Azzwars Parfum Lubeg Padang. INA-Rxiv, 1–12.
Batee, M. M. (2019). Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Kaos Nias Gunungsitoli. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 2(2), 313–324.
Ekonomi, F., & Bisnis, D. A. N. (2022). Pengaruh Viral Marketing Dan Citra Merek T erahadap Minat Beli dan Keputusan Pembelian Dengan Persepsi Resiko Sebagai variabel Mediasi. Skripsi. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam studi Manajemen Bisnis Syariah Program Magister. Diakses pada tanggal 6 Januari 2023, (http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/15031/)
Ermawati, E., Husaini, A., & Pakkawaru, I. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Kuota Internet Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Palu. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2(1), 36–58.
Hamid, R. S. (2022). Analisis Dampak Aktivitas Pemasaran Media Sosial terhadap Kepercayaan. Jesya, 5(2), 1563–1570.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edii13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga. Mowen, J. C., & Micheal, M. (2012). Perilaku Konsumen. Jakarta: E rlangga. 4(1), 26–37.
Lestari, nur fitri. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Lokasi dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Angkringan AKROPI Rawasari). Sekolah Tinggi Ekonomi Indonesia Jakarta., 2004, 6–25.
Manajemen, S. N., Akuntasi, E., Ekonomi, F., Kediri, U. N. P., Nusantara, U., Kediri, P., Kh, J., Dahlan, A., Mojoroto, K., & Kediri, K. (2022). Pembelian Produk Scarlett Whitening Dalam Aplikasi Tiktok Shop. Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi Dan Akuntasi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis UNP Kediri Pengaruh, 6(1), 529–538.
Nasution, A. E., Putri, L. P., & Lesmana, M. T. (2019). Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Kepercayaan dan Karakteristik Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada 212 Mart di Kota Medan. Proseding Seminar Nasional Kewirausahaan, 1(1), 194–199.
Nikmah, F. (2017). Kajian Tentang Pemasaran Online Untuk Meningkatkan Peluang Bisnis. Adbis: Jurnal Administrasi Dan Bisnis, 11(1), 47.
Pandini, A. M. P., & Evelina, T. Y. (2021). Pengaruh viral marketing dan kepercayaan konsumen terhadap minat beli konsumen. Jurnal Manajemen, 13(2), 157–160.
Rosma, A., Aulia, D., & Siliwangi, U. (2022). Persepsi Generazi Z Terhadap Fitur Tiktok Shop Pada Aplikasi Tiktok. 2(5), 131–140.
Santoso, D. S. A., & Dwijayanti, R. (2022). Pengaruh Viral Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Dengankepercayaan Konsumen Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Mahasiswa jurusan Pendidikan ekonomi universitas negeri Surabaya Pembeli Aksesoris Handphone di Shopee). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), Volume 10(1), 1545–1553.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.