Hubungan Lifestyle Without Tobacco Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini

Author


Dewi Sartika(1Mail), Hadi Pajarianto(2), Wahyuni Ulpi(3), Andi Sitti Umrah(4), Sri Rahayu Amri(5),
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Palopo, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Palopo, Indonesia(2)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Palopo, Indonesia(3)
Kebidanan, Universitas Muhammadiyah Palopo, Indonesia(4)
Kebidanan, Universitas Muhammadiyah Palopo, Indonesia(5)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 314KB]

Published : 2022-02-23

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 484 times PDF Downloaded: 246 times

Abstract


Rokok dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti penyakit jantung dan pembuluh darah, stroke, kanker paru-paru dan kanker mulut, bahkan mengancam perkembangan anak usia dini. Pertanyaan penelitian ini adalah apakah Lifestyle Without Tobacco memiliki hubungan dengan perkembangan anak usia dini. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain korelasional. Responden sebanyak 40 orang dari desa Bone Bone, dan Salukanan sebagai kontrol. Hasil analisis data ditemukan adanya perbedaan perkembangan anak usia dini pada kawasan yang menerapkan kawasan tanpa asap rokok dan desa yang tidak menerapkan kawasan tanpa asap rokok.  Berdasarkan hasil uji regresi logistik sederhana diperoleh bahwa nilai Exp (B) 56,0 dan nilai ρ = 0,000. Novelty penelitian ini membuktikan bahwa anak usia dini yang orang tuanya tidak merokok memiliki perkembangan yang lebih baik dibandingkan dengan yang orang tuanya merokok atau daerah dengan tingkat prevalensi perokok tinggi. Secara praktis menjadi rekomendasi terhadap terciptanya lingkungan anak usia dini yang bebas asap rokok.


Keywords


lifestyle without tobacco; perkembangan; usia dini; moral; agama

References


Abidin, A. M. (2021). Pendidikan Moral dan Relevansinya dengan Pendidikan Islam. Jurnal Paris Langkis, 2(1), 57-67. https://doi.org/10.37304/paris.v2i1.3282.

Aksol, M. I. M., & Sodik, M. A. (2021). Bahaya Merokok Bagi Masa Depan dan Kesehatan. https://doi.org/10.31219/osf.io/eg6xy.

Ananda, R. (2017). Implementasi Nilai-nilai Moral dan Agama pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 19. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.28.

Anhusadar, L., & Islamiyah, I. (2020). Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Anak Usia Dini di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 463. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.555.

Ariyanti, T. (2016). The Importance of Childhood Education for Child Development. Dinamika Pendidikan Dasar, 8(1), 50-58.

Duhita, F.-, & Rahmawati, N. I. (2019). Dampak Kesehatan Anak Pada Periode Embrio, Janin, Bayi dan Usia Sekolah dengan Ayah Perokok. Jurnal Kesehatan Vokasional, 4(1), 12. https://doi.org/10.22146/jkesvo.41777.

Duriani, D., Rama, B., Pajarianto, H., & Sari, P. (2021). Thematic Learning in Kindergarten Based on Al-Islam Kemuhamadiyahan and Local Wisdom. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2220-2230. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1171.

Evi Hasnita, Nurhayati, O. (2021). Pemberdayaan kader pbhs dalam memberikan edukasi tentang bahaya merokok di nagari koto tangah baso. Empowering Society Journal, 2(1), 50-58.
https://doi.org/10.30590/jach.v2n2.316.

Farahdina, S., Cahyo, K., & Riyanti, E. (2016). Analisis Implementasi Peraturan Daerah Kota Semarang Nomor 3 Tahun 2013 Tentang Kawasan Tanpa Rokok di Kantor Kelurahan Kota Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat (Undip), 4(3), 1096-1103.

Hasibuan, R. L., & Harahap, P. S. (2019). Implementasi Peraturan Daerah Kota Medan No. 3 Tahun 2014Tentang Kawasan Tanpa Asap Rokok Pada Kota Medan. Jurnal Hukum Responsif, 7(7), 96-101.

Husnuzziadatul Khairi. (2018). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini dari 0-6 Tahun. Jurnal Warna, 2(2), 15-28.

Khaironi, M. (2017). Pendidikan Moral Pada Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 1(01), 1. https://doi.org/10.29408/goldenage.v1i01.479.

Khaironi, M. (2018). Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 2(01), 01. https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.739.

Margiyati, D. A. I. (2016). Dampak Paparan Asap Rokok Pada Ibu Bersalin Dengan Riwayat Ketuban Pecah Dini. Jurnal Ilmu Kebidanan, 1-6.

Muhammad Amin Rais, A. S. F. (2021). Studi Kasus Perdes Bebas Asap Rokok di Desa Bonebone, Kab. Enrekang. Journal Unhas, 1(1), 32-50.

Munthe, V. I. G. dan R. (2018). Terhadap Pengetahuan Bahaya Asap Rokok Anak Usia Dini (Paud) Di Kelurahan Dwikora Kecamatan Medan. Jurnal Kesmas Indonesia, 10(2), 149-162.

Pagarwati, L. D. A., & Rohman, A. (2020). Grandparenting Membentuk Karakter Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1229-1239. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.831.

Pebruanti, L., & Munadi, S. (2015). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pemograman Dasar Menggunakan Modul Di Smkn 2 Sumbawa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(3), 365. https://doi.org/10.21831/jpv.v5i3.6490.

Pradhana, R. A. (2019). Pradhana, R. A. (2019). Rokok dalam Aspek Sosial-Agama Masyarakat Indonesia. Journal of Islamicate Multidisciplinary, 4(2).

Pranungsari, D., Tarnoto, N., & Tentama, F. (2021). Pelatihan "Great Mom Great Children" pada Ibu Muda Jalanan dalam Meningkatkan Ketrampilan Stimulasi Perkembangan Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 1126-1134. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1161.

Rahman, U. (2009). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 12(1), 46-57. https://doi.org/10.24252/lp.2009v12n1a4.

Rahmatia, R., Pajarianto, H., Kadir, A., Ulpi, W., & Yusuf, M. (2021). Pengembangan Model Bermain Konstruktif dengan Media Balok untuk Meningkatkan Visual-Spasial Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 47-57. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1185.

Safitri, N., Kuswanto, C. W., & Alamsyah, Y. A. (2019). Metode Penanaman Nilai-Nilai Agama Dan Moral Anak Usia Dini. Journal of Early Childhood Education (JECE), 1(2), 29-44. https://doi.org/10.15408/jece.v1i2.13312.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian kombinasi (mixed methods). Bandung: Alfabeta.

Sumiyati, & Yuliani, D. R. (2016). Hubungan Stimulasi dengan Perkembangan Anak 4-5 Tahun di Desa Karang Tengah Kecamatan Baturraden Kabupaten Banyumas. Jurnal LINK, 12(1), 34-38. http://ejournal.poltekkes-smg.ac.id/ojs/index.php/link

Ulpi, W., Hakim, N., Kadir, A., Pajarianto, H., & Rahmatia, R. (2021). Gambaran Kebugaran Jasmani Anak Usia Dini pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 30-39. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1197.

Wijaya, C., Lubis, R. R., Haidir, H., Suswanto, S., & Saputra, I. B. (2020). Program One Week One Story Berbasis Keislaman sebagai Bekal Keterampilan Abad 21 pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1544-1556. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.917.

Wulandari, H., & Purwanta, E. (2020). Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak selama Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 452. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.626.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.