Peran Guru dan Orang Tua dalam Menanamkan Kedisiplinan Anak Usia Dini
Keywords:
Peran Guru dan Orang Tua, Kedisplinan, Anak Usia DiniAbstract
Guru dan orang tua memiliki peranan yang sangat penting dalam pembentukan karakter, khusunya kedisiplinan pada anak usia dini. Sederhananya, kedisiplinan anak usia dini perlu dibentuk serta ditanamkan, berupa sikap taat dan patuh pada setiap aturan yang berlaku, khusunya dilingkungan sekolah dan rumah. Tujuan penelitian ini untuk mengatahui peran guru serta orang tua dalam pembentukan karakter dan kedisiplinan peserta didik pada anak usia dini. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, dengan desain penelitian observasi awal, Pastisipan yang terlibat dalam penelitian ini yaitu anak usia dini/siswa Taman Kanak-kanak, Kepala Sekolah, guru, serta orang tua siswa. Data diperoleh melalui Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data hasil temuan di lapangan kemudian di analisi dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, kemudia menarik kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan guru dan orang tua sangat berperan penting dalam menanamkan kedisiplinan pada anak usia dini. Peran Guru yang dilaksanakan oleh para guru mencakup beberapa indikator pembiasaan, yaitu (1) Peran guru sebagai model, (2) Peran guru sebagai pemimpin, dan (3) Peran guru sebagai penunjuk arah. Tidak hanya guru, orang tua juga memiliki peranan yang sangat penting dalam menanamkan kedisplinan pada anak usia dini, salah satunya melalui pola asuh orang tua terhadap anak. Peran orang tua mencakup beberapa indikator pembiasaan, yaitu (1) Peran orang tua sebagai model atau contoh, dan (2) peran orang tua sebagai pendamping
Downloads
References
DAFTAR PUSTAKA
Abd. Hakim Naba, & Nirwana, N. (2022). Peranan Guru dan Orang Tua dalam Mengembangkan Sosial Emosional Anak. AIJER: Algazali International Journal Of Educational Research, 4(2), 139–150. https://doi.org/10.59638/aijer.v4i2.369
Agustina, L., Darmiyanti, A., & Riana, N. (2021). Peran Orangtua Dalam Menanamkan Kedisiplinan pada Anak Usia 4-5 Tahun. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4207–4214. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1426
Alfisah Utami, A., & Pramudita Fadilla, S. (2023). Peran Orang Tua Dalam Menanamkan Kedisiplinan Anak Usia Dini Pada Lingkungan Keluarga. Jurnal Ilmiah, 2(1), 1–6.
Amala, A. K., & Kaltsum, H. U. (2021). Peran Guru sebagai Pelaksana Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Menanamkan Kedisiplinan Bagi Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5213–5220. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1579
Anggraeni, C., Elan, & Mulyadi, S. (2021). Metode Pembiasaan Untuk Menanamkan Karakter Disiplin Dan Tanggungjawab Di Ra Daarul Falaah Tasikmalaya. Jurnal PAUD AGAPEDIA, 5(1), 100–109.
Eti Kusmiati, Dianti Yunia Sari, S. M. (2021). Pola Asuh Orang Tua Dalam Membentuk Disiplin Anak Di Masa Pandemi. PERNIK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 78–93. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/pernik/article/view/5424
Martsiswati, E., & Suryono, Y. (2014). Peran Orang Tua Dan Pendidik Dalam Menerapkan Perilaku Disiplin Terhadap Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 187. https://doi.org/10.21831/jppm.v1i2.2688
Nur’aini. (2019). Peran Guru Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Anak Usia Dini. 1–119.
Partikasari, R., Nurwita, S., & Uliya, N. (2020). Peran Guru Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Kedisiplinan Di Paud Al-Anisa Kelompok B Bentiring Kota Bengkulu. Journal Of Dehasen Educational Review, 1(1), 20–26. https://doi.org/10.33258/jder.v1i1.975
Pontianak, U. T. (2022). Peran Guru Dalam Penanaman Karakter Kedisiplinan Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Kanisius Pontianak Utara. Pendidikan Dan Pembelajaran, 11, 2778–2785. https://doi.org/10.26418/jppk.v11i11.59517
Rahayu, L. P., Khutobah, K., & Budyawati, L. P. I. (2021). Peran Guru Dalam Pembelajaran Terhadap Kedisiplinan Anak Kelompok B. JECER (Journal Of Early Childhood Education And Research), 2(1), 19. https://doi.org/10.19184/jecer.v2i1.12756
Rianti, E., & Mustika, D. (2023). Peran Guru dalam Pembinaan Karakter Disiplin Peserta Didik. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 360–373. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.325
Rohman, F. (2022). Peran Orang Tua dalam Menanamkan Sikap Disiplin Anak pada Masa New Normal. Fitrah: Journal of Islamic Education, 3(1), 26–36. https://doi.org/10.53802/fitrah.v3i1.94
Rokyal Harjanty, S. M. (2020). Menanamkan Disiplin pada Anak Usia Dini. Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 3(July), 1–23.
Setyoningsih, S., Ratnasari, Y., & Hilyana, F. S. (2023). Peran Orang Tua Dalam Menanamkan Sikap Disiplin dan Tanggung Jawab Belajar Pada Anak SD. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 1160–1166. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5015
Downloads
Published
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Nianti Nianti, Hajeni Hajeni, Nurdin S
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).