Peran Guru dan Orang Tua dalam Menanamkan Kedisiplinan Anak Usia Dini

Authors

  • Nianti Nianti Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Palopo, Indonesia
  • Hajeni Hajeni Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Palopo, Indonesia
  • Nurdin S Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Palopo, Indonesia

Keywords:

Peran Guru dan Orang Tua, Kedisplinan, Anak Usia Dini

Abstract

Guru dan orang tua memiliki peranan yang sangat penting dalam pembentukan karakter, khusunya kedisiplinan pada anak usia dini. Sederhananya, kedisiplinan anak usia dini perlu dibentuk serta ditanamkan, berupa sikap taat dan patuh pada setiap aturan yang berlaku, khusunya dilingkungan sekolah dan rumah. Tujuan penelitian ini untuk mengatahui peran guru serta orang tua dalam pembentukan karakter dan kedisiplinan peserta didik pada anak usia dini. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, dengan desain penelitian observasi awal, Pastisipan yang terlibat dalam penelitian ini yaitu anak usia dini/siswa Taman Kanak-kanak, Kepala Sekolah, guru, serta orang tua siswa. Data diperoleh melalui Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data hasil temuan di lapangan kemudian di analisi dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, kemudia menarik kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan guru dan orang tua sangat berperan penting dalam menanamkan kedisiplinan pada anak usia dini. Peran Guru yang dilaksanakan oleh para guru mencakup beberapa indikator pembiasaan, yaitu (1) Peran guru sebagai model, (2) Peran guru sebagai pemimpin, dan (3) Peran guru sebagai penunjuk arah. Tidak hanya guru, orang tua juga memiliki peranan yang sangat penting dalam menanamkan kedisplinan pada anak usia dini, salah satunya melalui pola asuh orang tua terhadap anak. Peran orang tua mencakup beberapa indikator pembiasaan, yaitu (1) Peran orang tua sebagai model atau contoh, dan (2) peran orang tua sebagai pendamping

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

Abd. Hakim Naba, & Nirwana, N. (2022). Peranan Guru dan Orang Tua dalam Mengembangkan Sosial Emosional Anak. AIJER: Algazali International Journal Of Educational Research, 4(2), 139–150. https://doi.org/10.59638/aijer.v4i2.369

Agustina, L., Darmiyanti, A., & Riana, N. (2021). Peran Orangtua Dalam Menanamkan Kedisiplinan pada Anak Usia 4-5 Tahun. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4207–4214. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1426

Alfisah Utami, A., & Pramudita Fadilla, S. (2023). Peran Orang Tua Dalam Menanamkan Kedisiplinan Anak Usia Dini Pada Lingkungan Keluarga. Jurnal Ilmiah, 2(1), 1–6.

Amala, A. K., & Kaltsum, H. U. (2021). Peran Guru sebagai Pelaksana Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Menanamkan Kedisiplinan Bagi Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5213–5220. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1579

Anggraeni, C., Elan, & Mulyadi, S. (2021). Metode Pembiasaan Untuk Menanamkan Karakter Disiplin Dan Tanggungjawab Di Ra Daarul Falaah Tasikmalaya. Jurnal PAUD AGAPEDIA, 5(1), 100–109.

Eti Kusmiati, Dianti Yunia Sari, S. M. (2021). Pola Asuh Orang Tua Dalam Membentuk Disiplin Anak Di Masa Pandemi. PERNIK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 78–93. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/pernik/article/view/5424

Martsiswati, E., & Suryono, Y. (2014). Peran Orang Tua Dan Pendidik Dalam Menerapkan Perilaku Disiplin Terhadap Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 187. https://doi.org/10.21831/jppm.v1i2.2688

Nur’aini. (2019). Peran Guru Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Anak Usia Dini. 1–119.

Partikasari, R., Nurwita, S., & Uliya, N. (2020). Peran Guru Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Kedisiplinan Di Paud Al-Anisa Kelompok B Bentiring Kota Bengkulu. Journal Of Dehasen Educational Review, 1(1), 20–26. https://doi.org/10.33258/jder.v1i1.975

Pontianak, U. T. (2022). Peran Guru Dalam Penanaman Karakter Kedisiplinan Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Kanisius Pontianak Utara. Pendidikan Dan Pembelajaran, 11, 2778–2785. https://doi.org/10.26418/jppk.v11i11.59517

Rahayu, L. P., Khutobah, K., & Budyawati, L. P. I. (2021). Peran Guru Dalam Pembelajaran Terhadap Kedisiplinan Anak Kelompok B. JECER (Journal Of Early Childhood Education And Research), 2(1), 19. https://doi.org/10.19184/jecer.v2i1.12756

Rianti, E., & Mustika, D. (2023). Peran Guru dalam Pembinaan Karakter Disiplin Peserta Didik. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 360–373. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.325

Rohman, F. (2022). Peran Orang Tua dalam Menanamkan Sikap Disiplin Anak pada Masa New Normal. Fitrah: Journal of Islamic Education, 3(1), 26–36. https://doi.org/10.53802/fitrah.v3i1.94

Rokyal Harjanty, S. M. (2020). Menanamkan Disiplin pada Anak Usia Dini. Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 3(July), 1–23.

Setyoningsih, S., Ratnasari, Y., & Hilyana, F. S. (2023). Peran Orang Tua Dalam Menanamkan Sikap Disiplin dan Tanggung Jawab Belajar Pada Anak SD. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 1160–1166. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5015

Downloads

Published

2024-10-02

How to Cite

Nianti, N., Hajeni, H., & S, N. (2024). Peran Guru dan Orang Tua dalam Menanamkan Kedisiplinan Anak Usia Dini. Journal of Education Research, 5(4), 4689–4696. Retrieved from https://jer.or.id/index.php/jer/article/view/1650

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check