HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PENYESUAIAN DIRI PADA SISWA SMP NEGERI 10 PALOPO

Helmi, Helmi HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PENYESUAIAN DIRI PADA SISWA SMP NEGERI 10 PALOPO. HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PENYESUAIAN DIRI PADA SISWA SMP NEGERI 10 PALOPO.

[img] Text
jurnal helmi kecerdasan emosional.pdf - Submitted Version

Download (202kB)

Abstract

INTISARI Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional terhadap penyesuaian diri pada siswa SMP Negeri 10 Palopo. Variabel dalam penelitian ini adalah Kecerdasan Emosional sebagai variabel Independen (X) dan Penyesuaian Diri sebagai variabel Dependen (Y). Sampel penelitian ini adalah kelas VIII.a dan VIII.c sebanyak 60 siswa. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Skala pengukuran data dengan skala likert. Analisis pengaruh variabel menggunakan metode analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini adalah variabel kecerdasan emosional memiliki pengaruh positif terhadap penyesuaian diri siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Palopo yang ditunjukan dengan nilai koefisien 0,574 dengan taraf nilai signifikan 5% atau p (0,00 < 0,05). Uji signifikan menggunakan uji t diperoleh t-hitung sebesar 5,342. Dan dari output yang diperoleh R Squere sebesar 0,330 sehingga dapat dikatakan bahwa variabel kecerdasan emosional mempunyai pengaruh cukup kuat terhadap penyesuaian diri. Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Penyesuaian Diri ABSTRAK This study aims to determine the relationship between emotional intelligence and self-adjustment in students of SMP Negeri 10 Palopo. The variables in this study are Emotional Intelligence as an independent variable (X) and Self-Adjustment as a dependent variable (Y). The sample of this research is class VIII.a and VIII.c as many as 60 students. Data collection using a questionnaire. Data measurement scale with Likert scale. Analysis of the influence of variables using simple linear regression analysis method. The result of this research is that the emotional intelligence variable has a positive influence on the adjustment of class VIII students of SMP Negeri 10 Palopo which is shown by a coefficient value of 0.574 with a significant value of 5% or p (0.00 <0.05). Significant test using t test obtained t-count of 5.342. And the output obtained by R Squere is 0.330, so it can be said that the emotional intelligence variable has a strong enough influence on self-adjustment. Keywords: Emotional Intelligence, Self-Adjustmen

Item Type: Article
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMarhani, S.Pd. M.Psi, Marhani, S.Pd. M.PsiNIDN. 0910129301
Thesis advisorAswidy Wijaya Cipta, S.Pd., M.Pd, Aswidy Wijaya Cipta, S.Pd., M.PdNIDN. 0902069002
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Helmi Helmi helmi
Date Deposited: 11 Jun 2021 02:28
Last Modified: 11 Jun 2021 02:28
URI: http://repository.umpalopo.ac.id/id/eprint/1132

Actions (login required)

View Item View Item