UPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN LARI 50 METER MELALUI ALAT BANTU BEBAN LATIHAN PADA SISWA SDN 192 SALOBONGKO

Dian, Erjudian (2021) UPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN LARI 50 METER MELALUI ALAT BANTU BEBAN LATIHAN PADA SISWA SDN 192 SALOBONGKO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS NUHAMMADIYAH PALOPO.

[img] Image
SAMPUL.pdf - Cover Image

Download (63kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version

Download (508kB)
[img] Text
BAB DAN DAFTAR RUJUKAN.pdf - Submitted Version

Download (962kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (239kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh beban latihan terhadap kecepatan lari 50 meter pada siswa SDN 192 Salobongko. Penelitian ini tergolong penelitian tindakan yang berbasis kelas (Classroom Action Research) yang bersifat deskriptif dan bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pengaruh metode beban latihan terhadap kecepatan lari 50 meter pada siswa SDN 192 Salobongko. Subjek penelitian adalah siswa SDN 192 Salobongko, sejumlah 26 terdiri dari 10 putra dan 16 putri. Data dikumpulkan dengan melakukan tes, pengamatan dan melakukan dokumentasi penelitian. Hasil penelitian menujukkan bahwa peningkatan hasil lari 50 meter dengan beban latihan menggunakan ban luar ditandai dengan peningkatan nilai rata-rata siswa. Nilai rata-rata siswa kegiatan pratindakan I persentase ketuntasan sebesar 30% yang tidak lulus 70%. Sedangkan Kondisi pada Pratindakan II siklus I mengalami peningkatan nilai rata-rata persentase 45% yang tidak lulus 55%. Namun peningkatan tersebut masih belum mencapai target yang ditetapkan sebelumnya. Kemudian setelah melanjutkan ke siklus II nilai rata-rata lari 50 meter, kembali mengalami peningkatan sebesar 90 % dan siswa yang tidak lulus 2 siswa dengan persentase 10%. Hal tersebut menunjukkan bahwa target yang telah ditetapkan sebelumnya sudah tercapai sehingga penelitian dihentikan pada siklus II. Proses Pembelajaran lari 50 meter dengan beban latihan berlangsung dinamis dan menyenangkan. Peserta didik aktif melaksanakan tugas dan mengamati gerakan lari 50 meter dan saling berdiskusi dengan teman. Seluruh aspek penilaian dikuasai peserta didik. Kemampuan lari 50 meter meningkat dengan ditandai dengan seluruh peserta didik tuntas KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Kata kunci: kecepatan lari 50 meter, beban latihan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorJalil,S.Or.M.Kes, RasyidaNIDN0920059202
Thesis advisorHakim,S.Pd.,M.Pd, Nurwahidin,NIDN0916089301
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani
Depositing User: Erjudian Dian
Date Deposited: 18 Jun 2021 08:49
Last Modified: 18 Jun 2021 08:49
URI: http://repository.umpalopo.ac.id/id/eprint/1408

Actions (login required)

View Item View Item