Upaya Meningkatkan Regulasi Diri Siswa Melalui Penerapan Teknik Reframing Di SMKN 2 Palopo

Hakim, Audhy Rachman Upaya Meningkatkan Regulasi Diri Siswa Melalui Penerapan Teknik Reframing Di SMKN 2 Palopo. Upaya Meningkatkan Regulasi Diri Siswa Melalui Penerapan Teknik Reframing Di SMKN 2 Palopo. (Submitted)

[img] Text
JURNAL AUDHY..pdf - Submitted Version

Download (628kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan teknik reframing dapat meningkatkan regulasi diri siswa di SMKN 2 Palopo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menginterpretasikan kondisi serta proses pelaksanaan tahap-tahap reframing secara alamiah. Subyek penelitian adalah 4 (empat) orang siswa kelas XI Teknik Audio Video. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk konseling kelompok melalui 3 (tiga) tahap kegiatan yaitu pra konseling, pelaksanaan konseling, dan pasca konseling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pada umumnya siswa di SMKN 2 Palopo sudah mencerminkan karakter yang baik, namun masih ditemukan beberapa siswa yang belum mampu mengontrol perilaku sendiri yang memberikan gambaran bahwa sebelum pemberian perlakuan masih terdapat siswa yang memiliki regulasi diri rendah, (2) proses konseling dilaksanakan dalan 3 (tiga) tahap kegiatan yaitu tahap awal, tahap kerja dan tahap pengakhiran. Tahap kerja merupakan momen bagi peneliti sebagai konselor untuk memberikan perlakuan dengan menerapkan tahap-tahap teknik reframing dan (3) konseling kelompok dengan teknik reframing dapat mengubah persepsi negatif siswa sehingga mampu mengontrol kognisi dan strategi belajarnya. Dengan demikian penerapan teknik reframing terbukti dapat meningkatkan regulasi diri siswa di SMKN 2 Palopo. Kata Kunci: konseling kelompok, teknik reframing, regulasi diri.

Item Type: Article
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
TeacherZainuri, Muhammad IrhamNIDN0929099002
TeacherSari, PuspaNIDN0917078606
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Audhy Rachman Hakim
Date Deposited: 24 Sep 2021 02:48
Last Modified: 24 Sep 2021 02:48
URI: http://repository.umpalopo.ac.id/id/eprint/1685

Actions (login required)

View Item View Item