PENERAPAN PERMAINAN SEPAKBOLA MINI PADA MATA PELAJARAN PENJASORKES SISWA KELAS V UPT SD NEGERI 041 KECAMATAN BAEBUNTA KABUPATEN LUWU UTARA

Nurwisnu, Nurwisnu PENERAPAN PERMAINAN SEPAKBOLA MINI PADA MATA PELAJARAN PENJASORKES SISWA KELAS V UPT SD NEGERI 041 KECAMATAN BAEBUNTA KABUPATEN LUWU UTARA. PENERAPAN PERMAINAN SEPAKBOLA MINI PADA MATA PELAJARAN PENJASORKES SISWA KELAS V UPT SD NEGERI 041 KECAMATAN BAEBUNTA KABUPATEN LUWU UTARA. (Submitted)

[img] Text
Artikel.docx - Submitted Version

Download (95kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan permainan sepakbola mini pada mata pelajaran penjasorkes siswa kelas V UPT SD Negeri 041 Kecamatan Baebunta Kabupaten Luwu Utara. Populasi dalam penelitian ini yaitu semua siswa kelas V UPT SD Negeri 041 Kecamatan Baebunta Kabupaten Luwu Utara sebanyak 21 siswa. Sampel yang dijadikan sebagai subyek penelitian adalah siswa kelas V UPT SD Negeri 041 Kecamatan Baebunta Kabupaten Luwu Utara sebanyak 21 siswa. Pada penelitian ini sampel diambil menggunakan total sampling yakni jumlah sampel yang diambil sama dengan jumlah populasi yang ada. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari siklus I dan siklus II. Pada penelitian ini teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah teknik tes dan observasi. Data yang dikumpulkan pada setiap kegiatan observasi dari pelaksanaan siklus penelitian memakai analisis kualitatif dan kuantitatif karena data berupa angka dan kata-kata (narasi) menggunakan persentase untuk melihat kecenderungan yang terjadi dalam proses kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pengamatan siklus I, nilai afektif siswa sebesar 23,8%. Nilai kognitif sebesar 38,1% dan nilai psikomotorik sebesar 38,1%. Pada siklus II, hasil akhir pengamatan perilaku siswa (afektif) dengan pencapaian sebesar 95,2% yang masuk ke dalam kriteria sangat baik. Hasil akhir pengamatan pemahaman siswa (kognitif) dengan pencapaian sebesar 85,7% yang masuk ke dalam kriteria baik. Hasil akhir pengamatan keterampilan siswa (psikomotor) dengan pencapaian sebesar 90,5% yang masuk ke dalam kriteria sangat baik Kata kunci: Penerapan, sepakbola mini

Item Type: Article
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
TeacherNur, SuaibNIDN0931059102
TeacherJalil, RasyidahNIDN0920059202
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani
Depositing User: ismayani i ahmad
Date Deposited: 07 Feb 2022 06:52
Last Modified: 07 Feb 2022 06:52
URI: http://repository.umpalopo.ac.id/id/eprint/2245

Actions (login required)

View Item View Item