PENGARUH DUKUNGAN ORANG TUA DAN GURU TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DI MASA PANDEMI COVID-19

ROHIDIN, AMANDA AUDINA PENGARUH DUKUNGAN ORANG TUA DAN GURU TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DI MASA PANDEMI COVID-19. PENGARUH DUKUNGAN ORANG TUA DAN GURU TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DI MASA PANDEMI COVID-19. (Submitted)

[img] Text
pdf jurnal.pdf - Submitted Version

Download (203kB)

Abstract

Minat belajar adalah perasaan senang untuk melakukan kegiatan belajar dengan harapan dapat memberikan kepuasaan terhadap sesuatu yang belum dimiliki sebelumya melalui berbagai macam latihan sehingga hasil akhir dari belajar tersebut yaitu perubahan tingkah laku yang relatif menetap. Minat belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain dukungan orang tua dan dukungan guru. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh dukungan orang tua dan guru secara parsial terhadap minat belajar serta menguji pengaruh dukungan orang tua, dukungan guru secara simultan terhadap minat belajar. Subjek penelitian sebanyak 60 peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 10 Palopo dengan pengambilan sampel dipilih dengan teknik total sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh signifikan antara dukungan orang tua terhadap minat belajar, terdapat hubungan signifikan antara dukungan guru terhadap minat belajar serta jika diuji secara bersama-sama maka dukungan orang tua, dukungan guru berpengaruh signifikan secara simultan terhadap minat belajar. Kata kunci: dukungan orang tua, dukungan guru dan minat belajar

Item Type: Article
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
TeacherGALUGU, NUR SAQINAHNIDN0902108902
TeacherPALANGNGAN, SUKMAWATI TONONIDN0908089101
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: AMANDA AUDINA ROHIDIN 1786201025
Date Deposited: 27 Jan 2022 01:32
Last Modified: 27 Jan 2022 01:32
URI: http://repository.umpalopo.ac.id/id/eprint/2257

Actions (login required)

View Item View Item