PENGARUH BULLYING VERBAL TERHADAP KEPUTUSAN MENJALIN HUBUNGAN PERTEMANAN PADA SISWA DI MTs. NEGERI PALOPO

Nursiani, Nursiani PENGARUH BULLYING VERBAL TERHADAP KEPUTUSAN MENJALIN HUBUNGAN PERTEMANAN PADA SISWA DI MTs. NEGERI PALOPO. PENGARUH BULLYING VERBAL TERHADAP KEPUTUSAN MENJALIN HUBUNGAN PERTEMANAN PADA SISWA DI MTs. NEGERI PALOPO. (Submitted)

[img] Text
JURNAL SANI.pdf - Submitted Version

Download (273kB)

Abstract

Hubungan pertemanan merupakan hubungan yang akrab yang diikat oleh minat yang sama, kepentingan bersama, saling membagi perasaan, serta saling tolong menolong untuk memecahkan masalah bersama. Peran teman sebaya dalam pergaulan remaja menjadi sangat menonjol. Kelompok teman sebaya juga menjadi satu komunitas belajar dimana menjadi pembentukan peran standar sosial yang berhubungan dengan pekerjaan dan prestasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bullying verbal terhadap keputusan menjalin hubungan pertemanan pada siswa di MTs Negeri Palopo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara variabel bebas dengan variabel terikat. Responden dalam penelitian ini berjumlah 32 siswa kelas VIII MTs Negeri Palopo dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan dari 0,001 < 0, 05 maka Ho ditolak dan Ha diterima dan thitung lebih besar dari ttabel (3,727>1,694) sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan bullying verbal terhadap hubungan pertemanan. Kata kunci: bullying verbal, hubungan pertemanan.

Item Type: Article
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
TeacherPribadi, S.Sos.I, M.Pd.I, Dr. ImamNIDN0903068202
TeacherMarhani, S.Pd. M.Psi, Marhani, S.Pd. M.PsiNIDN0923058804
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: NURSIANI 1786201020
Date Deposited: 06 Jun 2022 00:59
Last Modified: 06 Jun 2022 00:59
URI: http://repository.umpalopo.ac.id/id/eprint/2458

Actions (login required)

View Item View Item