Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM): Efektifitas Pelaksanaan Magang Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Dengan Menggunakan Metode CIPP

Rezki, Amalia and Arman, Bin Anuar and Ainul, Fahmi (2023) Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM): Efektifitas Pelaksanaan Magang Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Dengan Menggunakan Metode CIPP. Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM): Efektifitas Pelaksanaan Magang Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Dengan Menggunakan Metode CIPP, 7 (2). pp. 239-251. ISSN 2541-6782

[img]
Preview
Image
Sampul.jpg - Cover Image

Download (20kB) | Preview
[img] Text
REZKIAMALIA_191230004.pdf - Published Version

Download (964kB)
[img] Text
REZKIAMALIA_191230004.pdf - Supplemental Material

Download (964kB)
[img] Other (Link Artikel/Jurnal/Riset)
4587 - Additional Metadata

Download (27kB)
Official URL: https://journal.upy.ac.id/index.php/bk/article/vie...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap efektifitas pelaksanaan kegiatan MBKM magang mahasiswa Prodi Bimbingan dan Konseling yang ditinjau dari model context, input, process, product (CIPP). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini ialah mahasiswa, penyelenggara kegiatan, serta laporan akhir magang mahasiswa. Analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif kemudian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan posisi pekerjaan yang diduduki mahasiswa telah sesuai dengan tuntutan dari tujuan magang (context). Sarana dan peralatan mendukung, sumber daya manusia, dana/anggaran, prosedur serta kerjasama yang dilakukan pihak kampus dan mitra terjalin dengan baik (input). Peran DPL serta supervisor pada kegiatan magang sangat membantu ketika mahasiswa mendapat hambatan sehingga kegiatan berjalan lancar (process). Kegiatan ini memberikan manfaat kepada mahasiswa karena memperoleh ilmu dan pengalaman baru yang tidak didapatkan di perkuliahan sehingga dapat disimpulkan kegiatan magang ini terlaksana dengan efektif (product).

Item Type: Article
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
TeacherBin Anuar, ArmanNIDN0903119001
TeacherFahmi, AinulNIDN0925079301
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: REZKI AMALIA
Date Deposited: 23 Jun 2023 03:27
Last Modified: 23 Jun 2023 03:27
URI: http://repository.umpalopo.ac.id/id/eprint/3714

Actions (login required)

View Item View Item