Konsep Tradisi Uang Panai’ Dilihat Dari Sudut Pandang Akuntansi

Firda, Firda and Sari, Nispa and Ayu Dasila, Rifqa (2023) Konsep Tradisi Uang Panai’ Dilihat Dari Sudut Pandang Akuntansi. Konsep Tradisi Uang Panai’ Dilihat Dari Sudut Pandang Akuntansi, 6 (2). pp. 1436-1446. ISSN 2599-3410 (Submitted)

[img] Image (cover artikel/riset/jurnal)
Cover FIRDA.pdf - Cover Image

Download (133kB)
[img] Text (isi artikel/riset/jurnal)
JURNAL FIRDA.pdf - Published Version

Download (415kB)
[img] Text (Uji Turnitin)
TURNITIN FIRDA-1.pdf - Supplemental Material

Download (30kB)
[img] Other (link artikel/riset/jurnal)
1121 - Additional Metadata

Download (24kB)
Official URL: https://10.36778/jesya.v6i2.1121

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran praktik akuntansi dalam penetapan jumlah uang panai pada tradisi suku Bugis di Desa Waetuo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh secara langsung dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian konsep akuntansi dalam tradisi Uang Panai’ dapat dilihat dalam bentuk budaya, dimana dalam akuntansi menjunjung tinggi nilai kejujuran, keterbukaan, integritas dan independensi dari seorang akuntan, begitupun dalam tradisi Uang Panai’ juga menekankan kejujuran, keterbukaan dan kemandirian. Semuanya berkaitan dengan karakteristik akuntansi yaitu integritas dan independensi. Dimana saat upacara pernikahan berlangsung, seseorang bertugas untuk mencatat pemasukan dan pengeluaran yang juga memiliki unsur akuntansi.

Item Type: Article
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
TeacherSari, NispaNIDN2116039101
TeacherDasila, Rifqa AyuNIDN0908079401
Uncontrolled Keywords: Uang Panai’, Suku Bugis, Konsep Akuntansi
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: firda firda firda
Date Deposited: 12 Sep 2023 06:54
Last Modified: 12 Sep 2023 06:54
URI: http://repository.umpalopo.ac.id/id/eprint/4219

Actions (login required)

View Item View Item