Efektivitas Teknik Wants, Doing, Evaluation, Planning (WDEP) Terhadap Kedisiplinan Positif Siswa Di SMP Negeri 3 Palopo

Rasyid, Abd and Marhani, Marhani and Taslim, Taslim Efektivitas Teknik Wants, Doing, Evaluation, Planning (WDEP) Terhadap Kedisiplinan Positif Siswa Di SMP Negeri 3 Palopo. Efektivitas Teknik Wants, Doing, Evaluation, Planning (WDEP) Terhadap Kedisiplinan Positif Siswa Di SMP Negeri 3 Palopo, 8 (1). pp. 263-270. ISSN 2541-6782

[img]
Preview
Image (Sampul Artikel)
SAMPUL_191230019.jpg - Cover Image

Download (418kB) | Preview
[img] Text (Artikel)
jurmal-191230019.pdf - Published Version

Download (355kB)
[img] Text (Lembar Turnitin)
turnitin_191230019.pdf - Supplemental Material

Download (62kB)
[img] Other (Link Artikel)
5107 - Additional Metadata

Download (26kB)
Official URL: https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i01.5107

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui efektifitas teknik Want, Doing, Evaluation, Planning (WDEP) dalam mengembangkan kedisiplinan posotif siswa SMPN 3 Palopo. Desain penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan metode one group pretest posttest design, yaitu membandingkan antara hasil pre-test dan post-test.Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 3 Palopo yang berjumlah 50 siswa. Sampel dalam penelitian ini mengambil 8 siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan angket. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis uji T-Test. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa teknik WDEP efektif dan signifikan dalam meningkatkan kedisiplinan positif siswa. Dari hasil uji T-Test diketahui Sig. (2-tailed) 0,000 maka 0,000 < 0,05. Melihat hasil tersebut maka teknik WDEP efektif untuk meningkatkan kedisiplinan positif siswa SMPN 3 Palopo. Kesimpulan dari penelitian adalah terdapat perubahan disiplin positif siswa SMPN 3 Palopo setelah diberikan teknik WDEP.

Item Type: Article
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
TeacherMarhani, MarhaniNIDN0923058804
TeacherTaslim, TaslimNIDN0928098602
Uncontrolled Keywords: Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui efektifitas teknik Want, Doing, Evaluation, Planning (WDEP) dalam mengembangkan kedisiplinan posotif siswa SMPN 3 Palopo. Desain penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan metode one group pretest posttest design, yaitu membandingkan antara hasil pre-test dan post-test.Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 3 Palopo yang berjumlah 50 siswa. Sampel dalam penelitian ini mengambil 8 siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan angket. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis uji T-Test. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa teknik WDEP efektif dan signifikan dalam meningkatkan kedisiplinan positif siswa. Dari hasil uji T-Test diketahui Sig. (2-tailed) 0,000 maka 0,000 < 0,05. Melihat hasil tersebut maka teknik WDEP efektif untuk meningkatkan kedisiplinan positif siswa SMPN 3 Palopo. Kesimpulan dari penelitian adalah terdapat perubahan disiplin positif siswa SMPN 3 Palopo setelah diberikan teknik WDEP.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Abd Rasyid
Date Deposited: 02 Oct 2023 03:03
Last Modified: 02 Oct 2023 03:03
URI: http://repository.umpalopo.ac.id/id/eprint/4265

Actions (login required)

View Item View Item