Assafi'i, Dirga and Galugu, Nur Saqinah and Anuar, Arman Bin and Kadir, Abdul (2023) Hubungan Antara Self-Regulated Learning Dengan Prokrastinasi Akademik Siswa. HUBUNGAN ANTARA SELF-REGUATED LEARNING DENGAN PROKRASTNASI AKADEMIK SISWA, 9 (1). pp. 123-131. ISSN 2477 6300
|
Image (Sampul artikel)
cover Dirga_211230035.jpeg - Cover Image Download (18kB) | Preview |
|
Text (ARTIKEL)
Hubungan Antara Self-Regulated Learning Dengan Prokrastinasi Akademik Siswa.pdf - Published Version Download (777kB) |
||
Text (Lembar Turnitin)
TURNITIN _Hubungan Antara Self-Regulated Learning Dengan Prokrastinasi Akademik Siswa.pdf - Supplemental Material Download (116kB) |
||
Other (Link Artikel)
11618 - Additional Metadata Download (39kB) |
Abstract
Sepanjang sepuluh tahun kebelakangan ini, telah didapati banyak siswa menghabiskan lebih banyak waktu untuk hiburan daripada bidang akademik sehingga objektif kajian ini adalah untuk menentukan hubungan antara self-regulated learning dan prokrastinasi akademik siswa pada kelas XI SMAN 11 Luwu Utara Penyelidikan ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis korelasional. Sampelnya terdiri daripada 50 pelajar peminat IPA dan IPS dari kelas IX, yang mengisi angket yang telah valid dan realiabel. Analisis deksriptif dan inferensial berbantuan termasuk dalam SPSS 26.0 untuk Windows digunakan pada peneliitanini. Hasil kajian menunjukkan bahawa variabel Self-Regulated Learning (X) dan Prokrastinasi Akademik (Y) mempunyai hubungan linear negatif secara signifikan, dengan besar hubungan Self-Regulated Learning terhadap prokrastinasi akademik sebesar -47,5 %. Ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang cukup negatif antara prokrastinasi akademik dengan Self-Regulated Learning pada siswa kelas XI SMAN 11 Luwu Utara. Sisanya sebesar 34,9% disebabkan oleh hubungan dengan variabel di luar penelitian, sehingga semakin banyak perilaku prokrastinasi akademik yang dilakukan, maka Self-Regulated Learning siswa akan semakin rendah, begitu pula sebaliknya. Dengan demikian penelitian selanjutnya dapat menguji efektivitas intervensi yang bertujuan untuk meningkatkan Self-Regulated Learning dan mengurangi prokrastinasi akademik siswa. Kata Kunci: regulasi diri, self-regulated learning, keterampilan belajar, prokrastinasi akademik
Item Type: | Article | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Keyword abstrack | ||||||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling | ||||||||||||
Depositing User: | DIRGA ASSAFI'I | ||||||||||||
Date Deposited: | 15 Nov 2023 08:32 | ||||||||||||
Last Modified: | 15 Nov 2023 08:32 | ||||||||||||
URI: | http://repository.umpalopo.ac.id/id/eprint/4660 |
Actions (login required)
View Item |