manajemen skala suara dalam menanamkan kedisiplinan anak usia dini

febriyanti, lulu and hajeni, hajeni and rahmatia, rahmatia (2022) manajemen skala suara dalam menanamkan kedisiplinan anak usia dini. manajemen skala suara dalam menenmkan kedisiplinan anak usia dini, 6 (6). pp. 10267-10275. ISSN p-ISSN 2580-3735 e-ISSN 2580-1147

[img]
Preview
Image (sampul)
WhatsApp Image 2023-11-15 at 10.39.10.jpeg - Cover Image

Download (12kB) | Preview
[img] Text (artikel)
admin,+104.+Lulu+Febriyanti+10267+-+10275 (1).pdf - Published Version

Download (475kB)
[img] Text (uji turnitin)
lulu febriyanti (1).pdf - Supplemental Material

Download (33kB)
[img] Other (link artikel) - Additional Metadata
Download (43kB)
Official URL: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4811

Abstract

Kedisiplinan anak usia dini dapat membantu dalam ketertiban menggunakan skala suara. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ketertiban anak dalam menggunakan skala suara agar dapat mendisiplinkan diri sendiri maupun orang lain. Penelitian ini menggunakan teknik kualitatif dengan pengumpulan data yang dilakukan dengan wawancara dan observasi keapada kepala sekolah dan 5 guru pendamping. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa terdapat 3 tahapan dalam manajemen skala suara dalam menanamkan kedisiplinan anak usia dini yaitu perencanaan skala suara, pelaksanaan skala suara dan evaluasi skala suara. Perencanaan skala suara direncanakan oleh guru BK dan kemudian dilakukan rapat dengan guru dan sosialisasi kepada orang tua murid, pelaksanaan skala suara memiliki 4 skala, skala 0, skala 1, skala 2, skala 3, skala 4. Skala 0 saat adzan dikumandangkan, skala 1 berbincang dengan seseorang, skala 2 mengungkapkan pendapat/berbicara dalam kelompok kecil (3-20 orang), skala 3 berbicara/bermain diruang terbuka dalam kelompok besar (20-50 orang), skala 4 keadaan darurat : kebakaran. Evaluasi skala suara mempunyai kelebihan dan kekurangan. Konsep yang diterapkan oleh guru yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi yang dapat membantu mengembangkan sikap kedisiplinan anak dalam kegiatan pembiasaan sehingga dapat disimpulkan bahwa dalam konsep yang di terapkan ini agar dapat mengajarkan kedisiplinan kepada anak sesuai dengan apa yang diharapkan guru

Item Type: Article
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Teacherhajeni, hajeniNIDN0920048706
TeacherRahmatia, RahmatiaNIDN0916078793
Uncontrolled Keywords: manajemen, skala suara, disiplin
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Lulu Febriyanti
Date Deposited: 15 Nov 2023 03:50
Last Modified: 15 Nov 2023 03:50
URI: http://repository.umpalopo.ac.id/id/eprint/4676

Actions (login required)

View Item View Item