Hamka, Raoda (2024) IMPLEMENTASI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN SELF CONFIDENCE SISWA SMA. IMPLEMENTASI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN SELF CONFIDENCE SISWA SMA, 14 (4). pp. 1-12. ISSN 2442-7802
Image (sampul artikel)
Guidena(201230021).jpeg - Cover Image Download (9kB) |
|
Text (Artikel)
Jurnal RAODA HAMKA (201230021).pdf - Published Version Download (444kB) |
|
Text (Lembar Turnitin)
Jurnal Raoda 2.docx.pdf - Supplemental Material Download (785kB) |
|
Other (https://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/bk)
bk - Additional Metadata Download (39kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan rasa percaya diri (self-confidence) siswa SMA Negeri 10 Luwu melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 10 siswa kelas XI yang diidentifikasi memiliki self- confidence rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing efektif dalam meningkatkan self- confidence siswa. Siswa mulai menunjukkan keberanian dalam menyampaikan pendapat, partisipasi aktif, dan peningkatan kemandirian selama proses bimbingan. Meskipun terdapat beberapa kendala, secara keseluruhan hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam self-confidence siswa setelah dua siklus pelaksanaan
Item Type: | Article | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan rasa percaya diri (self-confidence) siswa SMA Negeri 10 Luwu melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 10 siswa kelas XI yang diidentifikasi memiliki self- confidence rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing efektif dalam meningkatkan self- confidence siswa. Siswa mulai menunjukkan keberanian dalam menyampaikan pendapat, partisipasi aktif, dan peningkatan kemandirian selama proses bimbingan. Meskipun terdapat beberapa kendala, secara keseluruhan hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam self-confidence siswa setelah dua siklus pelaksanaan | |||||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling | |||||||||
Depositing User: | Raoda Hamka | |||||||||
Date Deposited: | 20 Sep 2024 04:58 | |||||||||
Last Modified: | 20 Sep 2024 04:58 | |||||||||
URI: | http://repository.umpalopo.ac.id/id/eprint/5027 |
Actions (login required)
View Item |