IMPLEMENTASI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN SELF CONFIDENCE SISWA SMA

Hamka, Raoda (2024) IMPLEMENTASI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN SELF CONFIDENCE SISWA SMA. IMPLEMENTASI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN SELF CONFIDENCE SISWA SMA, 14 (4). pp. 1-12. ISSN 2442-7802

[img] Image (sampul artikel)
Guidena(201230021).jpeg - Cover Image

Download (9kB)
[img] Text (Artikel)
Jurnal RAODA HAMKA (201230021).pdf - Published Version

Download (444kB)
[img] Text (Lembar Turnitin)
Jurnal Raoda 2.docx.pdf - Supplemental Material

Download (785kB)
[img] Other (https://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/bk)
bk - Additional Metadata

Download (39kB)
Official URL: https://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/bk

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan rasa percaya diri (self-confidence) siswa SMA Negeri 10 Luwu melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 10 siswa kelas XI yang diidentifikasi memiliki self- confidence rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing efektif dalam meningkatkan self- confidence siswa. Siswa mulai menunjukkan keberanian dalam menyampaikan pendapat, partisipasi aktif, dan peningkatan kemandirian selama proses bimbingan. Meskipun terdapat beberapa kendala, secara keseluruhan hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam self-confidence siswa setelah dua siklus pelaksanaan

Item Type: Article
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
TeacherSuarja, Septya1009098601
UNSPECIFIEDPribadi, Imam0903068202
Uncontrolled Keywords: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan rasa percaya diri (self-confidence) siswa SMA Negeri 10 Luwu melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 10 siswa kelas XI yang diidentifikasi memiliki self- confidence rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing efektif dalam meningkatkan self- confidence siswa. Siswa mulai menunjukkan keberanian dalam menyampaikan pendapat, partisipasi aktif, dan peningkatan kemandirian selama proses bimbingan. Meskipun terdapat beberapa kendala, secara keseluruhan hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam self-confidence siswa setelah dua siklus pelaksanaan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Raoda Hamka
Date Deposited: 20 Sep 2024 04:58
Last Modified: 20 Sep 2024 04:58
URI: http://repository.umpalopo.ac.id/id/eprint/5027

Actions (login required)

View Item View Item