Hubungan Antara Kontrol Diri Dan Kebiasaan Game Online Siswa Dengan Perilaku Agresif Pada Sekolah Menengah Atas (SMA)

Farida, Farida and Pribadi, Imam and Zainuri, Muh. Irham (2024) Hubungan Antara Kontrol Diri Dan Kebiasaan Game Online Siswa Dengan Perilaku Agresif Pada Sekolah Menengah Atas (SMA). Hubungan Antara Kontrol Diri Dan Kebiasaan Game Online Siswa Dengan Perilaku Agresif Pada Sekolah Menengah Atas (SMA), 8 (3). pp. 1871-1883. ISSN 2541-6782

[img] Image (sampul artikel)
sampul Farida (201230014).pdf - Cover Image

Download (1MB)
[img] Text (artikel)
jurnal Farida (201230014).pdf - Published Version

Download (383kB)
[img] Text (Lembar turnitin)
farida_201230014.pdf - Supplemental Material

Download (226kB)
[img] Other (link artikel/jurnal/riset)
6146 - Additional Metadata

Download (39kB)
Official URL: https://journal.upy.ac.id/index.php/bk/article/vie...

Abstract

Perilaku agresif di kalangan pelajar merupakan masalah yang seringkali menjadi fokus perhatian dalam bidang pendidikan dan psikologi. Dalam upaya untuk mengatasi dan mencegah perilaku agresif, penting untuk memahami faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris hubungan antara kontrol diri dan kebiasaan game online dengan perilaku agresif pelajar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelajar kelas XI IPS I, XI IPS II, XII IPS I, XII IPS II SMAN 10 Luwu dengan jumlah populasi sebanyak 122 siswa. 122 populasi akan diplih secara acak oleh peneliti. Analisis data menggunakan regresi linear sederhana. Hasil dalam penelitian ini ialah bahwa kontrol diri relative tidak memiliki hubungan yang signifikan terhadap perilaku agresif siswa. Kebiasaan game online memiliki hubungan yang signifikan terhadap perilaku agresif siswa SMA. Ketika siswa mempunyai kemampuan kontrol diri yangh baik, maka dapat mengurangi perilaku agresif yang timbul akibat terlalu sering bermain game online. Kata kunci: kontrol diri, kebiasaan game online, perilaku agresif pelajar

Item Type: Article
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
TeacherPribadi, ImamNIDN0903068202
TeacherZainuri, Muh. IrhamNIDN0929099002
Uncontrolled Keywords: Aggressive behaviour among students is an issue that is often the focus of attention in the fields of education and psychology. In an effort to address and prevent aggressive behaviour, it is important to understand the factors that influence it. This study aims to empirically examine the relationship between self-control and online gaming habits with student aggressive behaviour. This research uses quantitative methods. The population in this study were all students of class XI IPS I, XI IPS II, XII IPS I, XII IPS II SMAN 10 Luwu with a total population of 122 students. 122 populations will be randomly selected by researchers. Data analysis using simple linear regression. The results in this study are that relative self-control does not have a significant relationship to student aggressive behaviour. Online gaming habits have a significant relationship to the aggressive behaviour of high school students. When students have good selfcontrol skills, it can reduce aggressive behaviour that arises from playing online games too often. Keywords: self-control, online game habits, student aggressive behavior
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: F Farida farida
Date Deposited: 19 Nov 2024 02:52
Last Modified: 19 Nov 2024 02:52
URI: http://repository.umpalopo.ac.id/id/eprint/5293

Actions (login required)

View Item View Item