Layanan Konseling Kelompok: Penerapan Teknik Relaksasi Otot Progresif untuk Mengatasi Stress Belajar Siswa SLTP

Nurafifa, Nurafifa and Fahmi, Ainul and Anuar, Arman Bin and Pribadi, Imam (2024) Layanan Konseling Kelompok: Penerapan Teknik Relaksasi Otot Progresif untuk Mengatasi Stress Belajar Siswa SLTP. Layanan Konseling Kelompok: Penerapan Teknik Relaksasi Otot Progresif untuk Mengatasi Stress Belajar Siswa SLTP, 6 (4). pp. 1113-1126. ISSN P-ISSN 2656-4807 E-ISSN 2656-8152

[img] Image (sampul artikel)
sampul_201230009.jpg - Cover Image

Download (99kB)
[img] Text (Artikel)
Layanan_Konseling_Kelompok_Penerapan_Teknik_Relaks.pdf - Published Version

Download (213kB)
[img] Text (Lembar turnitin)
Turnitin.pdf - Supplemental Material

Download (327kB)
[img] Other (link artikel/riset/jurnal)
index.php/as/article/view/5510 - Additional Metadata

Download (32kB)
Official URL: https://doi.org/10.47467/as.v6i4.5510

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk (1) memberikan gambaran tentang bagaimana teknik relaksasi otot progresif dan layanan konseling kelompok mempengaruhi stres belajar siswa, (2) memberikan gambaran tentang tingkat stres belajar siswa baik sebelum maupun sesudah treatment teknik relaksasi otot progresif, dan (3) menentukan bagaimana teknik relaksasi otot progresif berpengaruh terhadap stres belajar siswa. Jenis penelitian kuantitatif, pra eksperimental dengan pendekatan one group pretest-posttest design, yang terdiri dari satu kelompok perlakuan. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII Tahfidz yang berjumlah 15 orang yang teridentifikasi mengalami stres belajar. Pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan observasi dan skala stres belajar siswa, kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis Uji Shapiro – Wilk yang digunakan untuk menguji normalitas distribusi data dalam sebuah sampel terutama pada sampel kecil hingga menengah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) siswa menggunakan teknik relaksasi otot progresif terhadap stres belajar sesuai dengan prosedur yang telah dirancang dengan beberapa tahapan pelaksanaan, (2) tingkat stres belajar siswa sebelum menggunakan teknik relaksasi otot progresif adalah tinggi, dan tingkat stres belajar siswa setelah menggunakan teknik relaksasi otot progresif adalah rendah, dan (3) Teknik relaksasi otot progresif berpengaruh membantu siswa mengurangi stres belajar. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan teknik relaksasi otot progresif secara signifikan dapat mengurangi tingkat stres belajar siswa, memberikan bukti empiris bahwa intervensi konseling kelompok efektif dalam meningkatkan kesejahteraan psikologis siswa. Kata kunci: konseling kelompok, teknik relaksasi otot progresif dan stres belajar siswa

Item Type: Article
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
TeacherFahmi, AinulNIDN0925079301
TeacherAnuar, Arman BinNIDN0903119001
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: konseling kelompok, teknik relaksasi otot progresif dan stres belajar siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Nur afifa
Date Deposited: 30 Jan 2025 06:57
Last Modified: 30 Jan 2025 06:57
URI: http://repository.umpalopo.ac.id/id/eprint/5343

Actions (login required)

View Item View Item