Nurafifa, Nurafifa and Fahmi, Ainul and Anuar, Arman Bin and Pribadi, Imam (2024) Layanan Konseling Kelompok: Penerapan Teknik Relaksasi Otot Progresif untuk Mengatasi Stress Belajar Siswa SLTP. Layanan Konseling Kelompok: Penerapan Teknik Relaksasi Otot Progresif untuk Mengatasi Stress Belajar Siswa SLTP, 6 (4). pp. 1113-1126. ISSN P-ISSN 2656-4807 E-ISSN 2656-8152
Image (sampul artikel)
sampul_201230009.jpg - Cover Image Download (99kB) |
|
Text (Artikel)
Layanan_Konseling_Kelompok_Penerapan_Teknik_Relaks.pdf - Published Version Download (213kB) |
|
Text (Lembar turnitin)
Turnitin.pdf - Supplemental Material Download (327kB) |
|
Other (link artikel/riset/jurnal)
index.php/as/article/view/5510 - Additional Metadata Download (32kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk (1) memberikan gambaran tentang bagaimana teknik relaksasi otot progresif dan layanan konseling kelompok mempengaruhi stres belajar siswa, (2) memberikan gambaran tentang tingkat stres belajar siswa baik sebelum maupun sesudah treatment teknik relaksasi otot progresif, dan (3) menentukan bagaimana teknik relaksasi otot progresif berpengaruh terhadap stres belajar siswa. Jenis penelitian kuantitatif, pra eksperimental dengan pendekatan one group pretest-posttest design, yang terdiri dari satu kelompok perlakuan. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII Tahfidz yang berjumlah 15 orang yang teridentifikasi mengalami stres belajar. Pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan observasi dan skala stres belajar siswa, kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis Uji Shapiro – Wilk yang digunakan untuk menguji normalitas distribusi data dalam sebuah sampel terutama pada sampel kecil hingga menengah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) siswa menggunakan teknik relaksasi otot progresif terhadap stres belajar sesuai dengan prosedur yang telah dirancang dengan beberapa tahapan pelaksanaan, (2) tingkat stres belajar siswa sebelum menggunakan teknik relaksasi otot progresif adalah tinggi, dan tingkat stres belajar siswa setelah menggunakan teknik relaksasi otot progresif adalah rendah, dan (3) Teknik relaksasi otot progresif berpengaruh membantu siswa mengurangi stres belajar. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan teknik relaksasi otot progresif secara signifikan dapat mengurangi tingkat stres belajar siswa, memberikan bukti empiris bahwa intervensi konseling kelompok efektif dalam meningkatkan kesejahteraan psikologis siswa. Kata kunci: konseling kelompok, teknik relaksasi otot progresif dan stres belajar siswa
Item Type: | Article | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: konseling kelompok, teknik relaksasi otot progresif dan stres belajar siswa | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling | |||||||||
Depositing User: | Nur afifa | |||||||||
Date Deposited: | 30 Jan 2025 06:57 | |||||||||
Last Modified: | 30 Jan 2025 06:57 | |||||||||
URI: | http://repository.umpalopo.ac.id/id/eprint/5343 |
Actions (login required)
View Item |