PENERAPAN PENGGUNAAN BAHAN BEKAS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF PADA KELOMPOK B DI TAMAN KANAK- KANAK KARTINI PONGSAMELUNG KECAMATAN LAMASI KABUPATEN LUWU

Nurhayati, Nurhayati PENERAPAN PENGGUNAAN BAHAN BEKAS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF PADA KELOMPOK B DI TAMAN KANAK- KANAK KARTINI PONGSAMELUNG KECAMATAN LAMASI KABUPATEN LUWU. PENERAPAN PENGGUNAAN BAHAN BEKAS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF PADA KELOMPOK B DI TAMAN KANAK- KANAK KARTINI PONGSAMELUNG KECAMATAN LAMASI KABUPATEN LUWU. (Submitted)

[img] Text
JURNAL NURHAYATI.pdf - Submitted Version

Download (351kB)

Abstract

Abstrak: Proses yang terjadi secara internal dalam pusat susunan syaraf pada anak yang sedang berpikir untuk menghubungkan, menilai dan mempertimbangkan suatu kejadian atau peristiwa, sehingga kegiatan kognitif anak dalam penerapan penggunaan bahan bekas sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan anak dalam belajar berhitung dan mengenal angka. penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang diawalai dari sebuah proses melalui desain penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi dari 2 siklus yaitu siklus 1 dan siklus 2. Hasil subjek penelitian ini adalah peserta didik TK Kartini Pongsamelung sebanyak 20 anak terdiri dari anak perempuan 11 dan anak laki-laki 9 yang merupakan sampel penelitian dalam menyelesaikan tugas mata kuliah skripsi. Hasil dari penerapan penggunaan bahan bekas untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok B di TK Kartini Pongsamelung dinyatakan berhasil dengan nilai rata- rata diatas 71% dengan indikator-indikator pembelajaran yang sudah disiapakan peneliti dintaranya adalah menghitung media, menulis angka, menyebutkan angka, menyusun angka dan mengelompokkan angka. Keberhasilan peneliti tentunya bukan keberhasilan yang dicapai dengan bekerja sendiri tapi melainkan kerja sama antara kepala sekolah, guru dan partisipasi anak dalam mengikuti proses pembelajaran dengan baik dan benar sampai pada akhir sebuah penelitian yang menjadikan anak berkembang sangat baik. Kata Kunci: Taman Kanak-kanak, Bahan Alam, Bahan Bekas, Kemampuan Kognitif Abstract: The process that occurs internally in the center of the child’s nervous system who is thinking about connecting, assessing and considering an event, Thus, the children's cognitive activities in using of used materials as learning media to improve children's ability to learn how to count and recognize numbers. This research is a classroom action research (PTK) which begins with a process through research design, namely planning, implementing, observing and reflecting from 2 cycles, namely cycle 1 and cycle 2. The subjects of this study are 20 students of TK Kartini Pongsamelung consist of 11 girls and 9 boys. The results of using used materials to improve the cognitive abilities of group B in Kartini Kindergarten Pongsamelung were successful with an average value above 71% with indicators of learning that the researchers had prepared including counting media, writing numbers, mentioning numbers, compiling numbers and grouping the numbers from the above indicators through the observation process of child assessment where children generally still have underdeveloped (BB), starting to develop (MB), developing as expected (BSB) and well developed (BSB). Keywords: Kindergarten, Used Materials, Teaching Media, Cognitive abilities

Item Type: Article
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorPribadi, S.Pd.i.,M.Pd.I, Dr. ImamNIDN090368202
Thesis advisorUlpi, S.Pd.,M.Pd, WahyuniNIDN910129301
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Nurhayati 1686207029
Date Deposited: 04 Dec 2020 06:09
Last Modified: 04 Dec 2020 06:09
URI: http://repository.umpalopo.ac.id/id/eprint/636

Actions (login required)

View Item View Item