UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PASSING BAWAH BOLA VOLI MELALUI METODE KOOPERATIF TIPE (TGT) PADA SISWA KELAS VIII MTS ASSALAM SALU INDUK

Aswin, A UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PASSING BAWAH BOLA VOLI MELALUI METODE KOOPERATIF TIPE (TGT) PADA SISWA KELAS VIII MTS ASSALAM SALU INDUK. UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PASSING BAWAH BOLA VOLI MELALUI METODE KOOPERATIf TIPE (TGT) PADA SISWA KELAS VIII MTS ASSALAM SALU INDUK. (Submitted)

[img] Text
Jurnal aswin.pdf - Submitted Version

Download (341kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan passing bawah bola voli melalui metode pembelajaran kooperatif tipe team game tournament (TGT) pada siswa kelas VIII MTS Assalam Salu Induk Kecamatan Bupon Kabupaten Luwu tahun 2019/2020. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTS Assalam Salu Induk Kecamatan Bupon Kabupaten Luwu tahun 2019/2020, sebanyak 15 siswa. Instrumen yang digunakan untuk pengambilan data pada penelitian ini adalah lembar tes passing bawah bola voli dan lembar observasi untuk siswa. Berdasarkan hasil observasi, pembahasan dan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran passing bawah bola voli melalui metode pembelajaran Kooperatif tipe team game tournament (TGT) pada siswa kelas VIII MTS Assalam Salu Induk selama 2 siklus dapat meningkatkan kemampuan passing bawah siswa. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil tes passing bawah bola voli dan pengamatan hasil belajar siswa dari 15 siswa pada kondisi awal jumlah siswa yang mencapai nilai KKM 75 hanya 3 siswa, dan pada siklus I meningkat menjadi 6 siswa, kemudian pada siklus II, meningkat menjadi 12 yang mencapai nilai KKM 75 bahkan lebih. Sehingga ketuntasan klasikal dalam kelas tersebut sudah lebih dari 75% siswa yang tuntas belajar. Kata Kunci: metode pembelajaran kooperatif tipe TGT, passing bawah, bola voli Abstract Aswin (2020), This research aims to improve the ability of passing down through cooperative learning methods of team game tournament (TGT) type in grade VIII students MTS Assalam Salu Induk Bupon, Luwu District in 2019/2020. This research is a Class Action Research (PTK) consisting of two cycles, each cycle consisting of 2 meetings. The subject of this study was grade VIII MTS Assalam Salu Induk. As many as 15 students as samples in this study.. Instruments used for data retrieval in this study are volleyball passing down test sheets and observation sheets for students. Based on the observation results, discussion and results of the study, it can be concluded that the learning of bottom service through cooperative learning methods of Team Game Tournament (TGT) type for 2 cycles can improve the ability of students in passing down. This can be proven from the results of the test and observation of student learning outcomes from 15 students in the initial condition of the number of students who achieved KKM score of 75 only 3 students, and in cycle I increased to 6 students, then in cycle II, increased to 12 who achieved KKM score of 75 even more. Thus, classical completion in the class is already more than 75% of students who complete the study. Keywords: Team Game Tournament Cooperative Type, Passing Down, Volley Ball.

Item Type: Article
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
TeacherNur, S.Pd.,M.Pd., SUAIBNIDN0931059102
TeacherS.Pd.,M.Pd, AHMADNIDN0905038505
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani
Depositing User: Aswinn Win Arsyad
Date Deposited: 14 Jan 2021 04:01
Last Modified: 14 Jan 2021 04:01
URI: http://repository.umpalopo.ac.id/id/eprint/893

Actions (login required)

View Item View Item