PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASILBELAJAR PADAPERMAINANSEPAKBOLADIMUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL PALOPO

Chaidir, Muh. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASILBELAJAR PADAPERMAINANSEPAKBOLADIMUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL PALOPO. UNSPECIFIED thesis, UNSPECIFIED.

[img] Text
Jurnal HEDIR.pdf - Submitted Version

Download (665kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di Muhammadiyah Boarding School Palopo rata-rata hasil belajar PENJAS materi sepak bola masih di bawah KKM, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PENJAS, melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Metode penelitian ini, menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian berbentuk siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpalan data melalui observasi dan tes. Pengumpulan data ini menggunakan instrumen berupa lembar pengamatan observasi peserta didik dan kinerja pendidik dalam proses pembelajaran, sedangkan untuk mengetahui rata-rata hasil belajar peserta didik digunakan lembar evaluasi/tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PENJAS. Dari nilai rata-rata perolehan nilai hasil belajar dari pra siklus sebesar 71,1% (pengetahuan), 74,39% (keterampilan), siklus I sebesar 71,9% (pengetahuan), 73,4% (keterampilan) dan siklus II sebesar 82% (pengetahuan), 81,56% (keterampilan).

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorM.Pd.I., Taslim.,NIDN0928098602
Thesis advisorHakim, S.Pd., M.Pd, NurwahidinNIDN0916089301
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani
Depositing User: Muh.Chaidir 1685201084
Date Deposited: 14 Oct 2023 08:25
Last Modified: 14 Oct 2023 08:25
URI: http://repository.umpalopo.ac.id/id/eprint/970

Actions (login required)

View Item View Item