PENINGKATAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA MENGGANTUNG MELALUI MEDIA BOLA GANTUNG PADA SISWA SMAS PGRI WALENRANG KABUPATEN LUWU

Rudianto, R (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA MENGGANTUNG MELALUI MEDIA BOLA GANTUNG PADA SISWA SMAS PGRI WALENRANG KABUPATEN LUWU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALOPO.

[img] Image
sampul 1685201028.pdf - Cover Image

Download (69kB)
[img] Text
pendahuluan 1685201028.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1685201028.pdf - Submitted Version

Download (650kB)
[img] Text
LAMPIRAN 1-14.pdf - Supplemental Material

Download (2MB)

Abstract

Peningkatan Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Menggantung Melalui Media Bola Gantung pada Siswa SMAS PGRI Walenrang Kabupaten Luwu. Program studi Pendidikan jasmani dan rekreasi. Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan. Universitas Muhammadiyah Palopo. (Dibimbing oleh Rasyidah Jalil dan Rachmat Hidayat) Metode penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas, yang dimana prosedur penelitianna berbentuk siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes. Pengumpulan data ini menggunakan instrument berupa lembar pengamatan observasi siswa dan kinerja pendidik dalam proses pembelajaran, sedangkan untuk mengetahui rata-rata hasil belajar siswa digunakan lembar evaluasi atau tes. Hasil penelitian dari pembelajaran lompat jauh gaya menggantung menggunakan media bola gantung tingkat keberhasilan siswa dapat meningkat sebesar 77% diatas KKM dan 23% siswa yang memperoleh nilai dibawah KKM pada siklus tahap I sedangkan pada siklus tahap II dapat meningkatkan sebesar 93% diatas KKM dan 7% siswa yang memperoleh nilai dibawah KKM kompetensi yang dimiliki siswa dari tahapan siklus I nilai rata-rata siswa sebesar 67 dan setelah melalui siklus II nilai rata-rata siswa sebesar 73. Siswa sangat senang melakukan pembelajaran Lompat Jauh, hal ini terbukti dari nilai yang didapat siswa sebesar 280 dengan prosentase 93%. Kesimpulan bahwa proses pembelajaran lompat jauh terjadi peningkatan sebesar 93% pada pembelajaran lompat jauh untuk kelas XII IPA-2 SMAS PGRI Walenrang Kabupaten Luwu. Saran Bagi siswa, agar lebih bersemangat dalam mengikuti pembelajaran olahraga baik olahraga lompat jauh ataupun olahraga yang lain. Bagi sekolah, agar menyediakan atau memperbaharui sarana dan prasarana olahraga, sehingga semua siswa dapat menggunakan fasilitas olahraga. Kata Kunci : lompat jauh, gaya menggantung, media bola gantung, penelitian tindakan kelas

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorJalil, S.Or.,M.Kes., RasyidahNIDN0920059202
Thesis advisorHidayat, S.Pd.,M.Pd., RachmatNIDN914059201
Subjects: S Agriculture > SK Hunting sports
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani
Depositing User: Rudianto 1685201028
Date Deposited: 01 Apr 2021 06:28
Last Modified: 01 Apr 2021 06:28
URI: http://repository.umpalopo.ac.id/id/eprint/1231

Actions (login required)

View Item View Item