PENINGKATAN PENGENALAN HURUF HIJAIYAH MELALUI METODE IQRA’ PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN TK AR-RAHMAN KECAMATAN WALENRANG UTARA

Kartini, Kartini (2021) PENINGKATAN PENGENALAN HURUF HIJAIYAH MELALUI METODE IQRA’ PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN TK AR-RAHMAN KECAMATAN WALENRANG UTARA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALOPO.

[img] Image
SAMPUL IBU KARTINI.docx.pdf - Cover Image

Download (287kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version

Download (249kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (749kB)
[img] Text
Lampiran JADWAL PENELITIAN.pdf - Supplemental Material

Download (287kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Taman Kanak-Kanak Ar-Rahman Bosso Timur Kecamatan Walenrang Utara Kabupaten Luwu meneliti tentang bagaimana kemampuan mengenal huruf hijaiyah dapat ditingkatkan menggunakan metode Iqra’ pada anak di TK Ar-Rahman Kecamatan Walenrang Utara? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal huruf hijaiyah menggunakan metode Iqra’ pada anak di TK Ar-Rahman Kecamatan Walenrang Utara. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan Subjek pada penelitian ini adalah siswa TK Ar-Rahman Bosso Timur sekaligus seluruh siswa sebanyak 10 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I terdapat 1 atau 10% anak yang dapat mencapai kriteria ketuntasan yaitu berkembang sangat baik. Setelah dilakukan pembelajaran pada siklus II maka diketahui 9 anak atau 90% dapat mencapai kriteria ketuntasan yaitu berkembang sangat baik. Maka berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan: metode iqra’ dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf hijaiyah anak TK Ar-Rahman Bosso Timur seperti anak dapat menyebutkan huruf-huruf hijaiyah, dapat menunjukkan huruf-huruf hijaiyah dan menyebutkan bunyinya, dapat membedakan bunyi huruf yang bentuknya hampir sama, dan kemampuan anak mengacak huruf hijaiyah berkembang sangat baik (BSB) Kata kunci: Metode Iqra,’ Mengenal Hurf Hijaiyah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorTaslim, TaslimNIDN0928098602
Thesis advisorRamli, Syamsu AlamNIDN0905098802
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: KARTINI TINI
Date Deposited: 18 Feb 2022 03:03
Last Modified: 18 Feb 2022 03:03
URI: http://repository.umpalopo.ac.id/id/eprint/1524

Actions (login required)

View Item View Item