Azlan, Muhammad (2022) Peningkatan Hasil Belajar Passing Dan Control Bola Dengan Metode Kucing-Kucingan Pada Permainan Sepak Bola. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALOPO.
Image
SAMPUL_1685201087.pdf - Cover Image Download (128kB) |
|
Text
PENDAHULUAN_1685201087.pdf - Submitted Version Download (666kB) |
|
Text
BAB_1685201087.pdf - Submitted Version Download (310kB) |
|
Text
LAMPIRAN_1685201087.pdf - Supplemental Material Download (2MB) |
Abstract
Dalam pembelajaran pendidikan jasmani ada beberapa kendala yang terjadi di dalam proses pembelajaran passing dan control dalam sepak bola pada siswa kelas X SMK Pelayaran Samudera Nusantara Palopo 2020. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah melalui penelitian tindakan kelas, membuat suatu model pembelajaran yang menarik bagi siswa dengan model pembelajaran pendekatan bermain. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah pelaksanaan pembelajaran passing dan control melalui media permainan kucing-kucingan dapat meningkatkan kualitas dan hasil belajar bagi siswa kelas X SMK Pelayaran Samudera Nusantara ? Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pembelajaran passing dan control melalui media permainan kucing-kucingan dapat meningkatkan kualitas dan hasil belajar bagi siswa SMK Pelayaran Samudera Nusantara Palopo dalam mata pelajaran pendidikan jasmani. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Pelayaran Samudera Nusantara Palopo, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X yang berjumlah 17 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi (pengamatan) dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu: metode observasi, metode dokumentasi, dan metode tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode bermain dapat meningkatkan hasil belajar lari cepat pada siswa kelas X SMK Pelayaran Samudera Nusantara Palopo 2020. Dari hasil analisis yang diperoleh terdapat peningkatan hasil belajar siswa dari siklus pertama hingga siklus kedua. Nilai rata-rata hasil belajar passing dan control pada siklus pertama (73,01), siklus kedua (82,94). Sehingga peningkatan hasil belajar dari siklus pertama hingga siklus kedua sebesar (9,93). Sedangkan jumlah siswa yang dinyatakan tuntas pada siklus pertama 10 siswa (59%) dan siklus kedua 14 siswa (882%). Kesimpulan penelitian ini, bahwa pembelajaran passing dan control melalui media bermain kucing-kucingan bagi siswa kelas X SMK Pelayaran Samudera Nusantara Palopo 2020 dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Disarankan agar setiap guru pendidikan jasmani selalu kreatif dan inovatif dalam membuat model-model pembelajaran, dengan tujuan hasil belajar siswa dapat meningkat.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani | |||||||||
Depositing User: | Muhammad Azlan 1685201087 | |||||||||
Date Deposited: | 27 Sep 2022 02:44 | |||||||||
Last Modified: | 27 Sep 2022 02:44 | |||||||||
URI: | http://repository.umpalopo.ac.id/id/eprint/2902 |
Actions (login required)
View Item |