PENINGKATAN HASIL BELAJAR TOLAK PELURU DENGAN MEDIA BANTU BOLA PLASTIK KELAS V UPT SD NEGERI 12 LINDAJANG

ARBAEN, ARBAEN (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR TOLAK PELURU DENGAN MEDIA BANTU BOLA PLASTIK KELAS V UPT SD NEGERI 12 LINDAJANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALOPO.

[img] Image
1.halaman sampul judul.pdf - Cover Image

Download (177kB)
[img] Text
2.Pendahuluan.pdf - Submitted Version

Download (799kB)
[img] Text
3.BAB I - BAB V,DAFTAR PUSTAKA (1).pdf - Submitted Version

Download (653kB)
[img] Text
4.lampiran.pdf - Supplemental Material

Download (865kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan penguasaan tolak peluru dalam pembelajaran atletik pada siswa kelas V UPT SD Negeri 12 Lindajang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang masing-masing terdiri dari desain, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek data penelitian ini adalah siswa kelas V UPT SD 12 Lindajang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan evaluasi hasil belajar model pembelajaran kooperatif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif komparatif yaitu. Hasil perbandingan kondisi awal dengan perubahan yang terjadi pada masing-masing fungsi. Hasil analisis menunjukkan peningkatan yang signifikan dari prasiklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Hasil belajar tolak peluru pada prasiklus dalam prosentase tuntas 40% atau 8 siswa. Pada siklus I terjadi peningkatan dalam kategori tuntas adalah 60% atau 12 siswa. Pada siklus II terjadi peningkatan prosentase dalam kategori tuntas sebesar 90% atau sejumlah 18 siswa dan tidak tuntas sejumlah 2 siswa atau 10 %. Simpulan penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran melalui pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan penguasaan tolak peluru dalam pembelajaran atletik siswa kelas V UPT SD Negeri 12 Lindajang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorIrsan, KaharNIDN0926048604
Thesis advisorAhmad, AhmadNIDN0905038505
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani
Depositing User: Arbaen Baim arbaen
Date Deposited: 23 Feb 2023 02:35
Last Modified: 23 Feb 2023 02:35
URI: http://repository.umpalopo.ac.id/id/eprint/3534

Actions (login required)

View Item View Item