husni, husni Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Kartu Kata Bergambar pada Kelompok A di TK Nurulasiza Kecamatan Walenrang Utara. Meningkatkan Kemempuan Membaca Permulaan Melalui Media Kartu Bergambar pada Kelompok A di TK Nurulazisa Salulino Kecamatan Walenrang Utara.
Text
JURNAL HUSNI.docx - Submitted Version Download (43kB) |
Abstract
Penelitian inii bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak kelompok A di TK Nurul Azisah Salulino menggunakan media kartu kata bergambar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif partisipatif antara peneliti dengan guru kelas. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan setiap siklusnya dilaksanakan tiga kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok A di TK Nurul Azisah yang berjumlah 13 anak yang terdiri dari 8 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah kemampuan membaca permulaan menggunakan kartu kata bergambar. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, sedangkan teknik analisis data digunakan secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media kartu kata bergambar dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak kelompok A di TK Nurul Azisah. Peningkatan ini dapat dilihat dari hasil observasi yang meningkat pada setiap siklusnya. Anak yang berada pada kriteria Berkembang Sangat Baik sebelum tindakan/pra tindakan sebesar 7,69%, pada Siklus I sebesar 23,07%, dan pada Siklus II sebesar 69,23%.
Item Type: | Article | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education | ||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini | ||||||
Depositing User: | husni husni nasir | ||||||
Date Deposited: | 05 Oct 2023 15:15 | ||||||
Last Modified: | 05 Oct 2023 15:15 | ||||||
URI: | http://repository.umpalopo.ac.id/id/eprint/481 |
Actions (login required)
View Item |