HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP AFIRMASI DIRI SISWA MAN PALOPO

Nasrum, Riyanti and Nurhayati, Andi and Marhani, Marhani (2024) HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP AFIRMASI DIRI SISWA MAN PALOPO. HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP AFIRMASI DIRI SISWA MAN PALOPO, 09 (3). pp. 1-15. ISSN 2548-6950

[img] Image (sampul artikel)
WhatsApp Image 2024-09-26 at 12.26.03.jpeg - Cover Image

Download (504kB)
[img] Text (Artikel)
Nasrum et al - Jurnal-Pendas.docx - Published Version

Download (62kB)
[img] Text (Lembar turnitin)
turnitin riyanti nasrum.pdf - Supplemental Material

Download (100kB)
Official URL: https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas

Abstract

Media Sosial Tiktok adalah aplikasi vidio yang sangat populer saat ini, terutama di kalangan generasi muda. Penelitian ini berjudul “Hubungan Media Sosial Tiktok Terhadap Afirmasi Diri Siswa MAN Palopo”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan variabel X (Media Sosial Tiktok) terhadap variabel Y (Afirmasi Diri) Siswa MAN Palopo. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian Media Sosial Tiktok terhadap Afirmasi Diri siswa MAN Palopo memiliki hubungan yang Berdasarkan hasil uji korelasi Pearson, tabel menunjukkan bahwa nilai signifikansi (sig) adalah 0,00, yang berarti kurang dari 0,05. Hal ini mengindikasikan adanya hubungan antara variabel tersebut. Besarnya nilai korelasi (R) adalah 0,810. Koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,655 menjelaskan bahwa variabel X (Media Sosial Tiktok) memberikan pengaruh sebesar 65,5% terhadap variabel Y (Afirmasi Diri). Dalam artian kuat hubungan antara variabel X (Media Sosial Tiktok) terhadap variabel Y (Media Sosial Tiktok), jika siswa menggunakan media sosial tiktok dengan baik dan memanfaatkannya dengan benar maka hubungan untuk meningkatkan afirmasi diri siswa akan tinggi dan berdampak untuk meningkatkan rasa percaya diri,dan kreativitas. Aktif di media sosial tiktok juga mendapatkan dukungan sosial yang mendukung dan mendapatkan pengakuan dari orang-orang yang memiliki minat atau pengalaman yang bisa meningkatkan afirmasi diri. Sebaliknya jika siswa tidak memanfaatkan media sosial tiktok dengan benar maka afirmasi diri yang di dapatkan akan berdampak pada ketergantungan pada validasi eksternal yang dimana pengguna mungkin menjadi terlalu bergantung pada likes, komentar negatif yang dapat merusak citra diri, atau jumlah pengikut sebagai ukuran nilai diri mereka. Hal ini dapat mengakibatkan penurunan rasa percaya diri jika feedback yang diterima tidak sesuai harapan.

Item Type: Article
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
TeacherNurhayati, AndiNIDN0930078302
TeacherMarhani, MarhaniNIDN0910029201
Uncontrolled Keywords: Media Sosial Tiktok adalah aplikasi vidio yang sangat populer saat ini, terutama di kalangan generasi muda. Penelitian ini berjudul “Hubungan Media Sosial Tiktok Terhadap Afirmasi Diri Siswa MAN Palopo”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan variabel X (Media Sosial Tiktok) terhadap variabel Y (Afirmasi Diri) Siswa MAN Palopo. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian Media Sosial Tiktok terhadap Afirmasi Diri siswa MAN Palopo memiliki hubungan yang Berdasarkan hasil uji korelasi Pearson, tabel menunjukkan bahwa nilai signifikansi (sig) adalah 0,00, yang berarti kurang dari 0,05. Hal ini mengindikasikan adanya hubungan antara variabel tersebut. Besarnya nilai korelasi (R) adalah 0,810. Koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,655 menjelaskan bahwa variabel X (Media Sosial Tiktok) memberikan pengaruh sebesar 65,5% terhadap variabel Y (Afirmasi Diri). Dalam artian kuat hubungan antara variabel X (Media Sosial Tiktok) terhadap variabel Y (Media Sosial Tiktok), jika siswa menggunakan media sosial tiktok dengan baik dan memanfaatkannya dengan benar maka hubungan untuk meningkatkan afirmasi diri siswa akan tinggi dan berdampak untuk meningkatkan rasa percaya diri,dan kreativitas. Aktif di media sosial tiktok juga mendapatkan dukungan sosial yang mendukung dan mendapatkan pengakuan dari orang-orang yang memiliki minat atau pengalaman yang bisa meningkatkan afirmasi diri. Sebaliknya jika siswa tidak memanfaatkan media sosial tiktok dengan benar maka afirmasi diri yang di dapatkan akan berdampak pada ketergantungan pada validasi eksternal yang dimana pengguna mungkin menjadi terlalu bergantung pada likes, komentar negatif yang dapat merusak citra diri, atau jumlah pengikut sebagai ukuran nilai diri mereka. Hal ini dapat mengakibatkan penurunan rasa percaya diri jika feedback yang diterima tidak sesuai harapan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: RY Riyanti Nasrum
Date Deposited: 07 Oct 2024 06:35
Last Modified: 07 Oct 2024 06:35
URI: http://repository.umpalopo.ac.id/id/eprint/5046

Actions (login required)

View Item View Item