Peran Guru dan Orang Tua dalam Menanamkan Kedisiplinan Anak Usia Dini

Nianti, Nianti and Hajeni, Hajeni and Salama, Nurdin (2024) Peran Guru dan Orang Tua dalam Menanamkan Kedisiplinan Anak Usia Dini. Peran Guru dan Orang Tua dalam Menanamkan Kedisiplinan Anak Usia Dini, 5 (4). pp. 4689-4696. ISSN 2746-0738

[img] Image (Sampul Artikel)
Vol. 5.png - Cover Image

Download (483kB)
[img] Text (Artikel)
55+Nianti+4689-4696.pdf - Published Version

Download (939kB)
[img] Text (Lembar Turnitin)
Skripsi Nini Lengkap.1.pdf - Supplemental Material

Download (533kB)
[img] Other (Link Artikel)
1650 - Additional Metadata

Download (45kB)
Official URL: https://jer.or.id/index.php/jer/article/view/1650

Abstract

Guru dan orang tua memiliki peranan yang sangat penting dalam pembentukan karakter, khusunya kedisiplinan pada anak usia dini. Sederhananya, kedisiplinan anak usia dini perlu dibentuk serta ditanamkan, berupa sikap taat dan patuh pada setiap aturan yang berlaku, khusunya dilingkungan sekolah dan rumah. Tujuan penelitian ini untuk mengatahui peran guru serta orang tua dalam pembentukan karakter dan kedisiplinan peserta didik pada anak usia dini. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, dengan desain penelitian observasi awal, Pastisipan yang terlibat dalam penelitian ini yaitu anak usia dini/siswa Taman Kanak-kanak, Kepala Sekolah, guru, serta orang tua siswa. Data diperoleh melalui Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data hasil temuan di lapangan kemudian di analisi dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, kemudia menarik kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan guru dan orang tua sangat berperan penting dalam menanamkan kedisiplinan pada anak usia dini. Peran Guru yang dilaksanakan oleh para guru mencakup beberapa indikator pembiasaan, yaitu (1) Peran guru sebagai model, (2) Peran guru sebagai pemimpin, dan (3) Peran guru sebagai penunjuk arah. Tidak hanya guru, orang tua juga memiliki peranan yang sangat penting dalam menanamkan kedisplinan pada anak usia dini, salah satunya melalui pola asuh orang tua terhadap anak. Peran orang tua mencakup beberapa indikator pembiasaan, yaitu (1) Peran orang tua sebagai model atau contoh, dan (2) peran orang tua sebagai pendamping

Item Type: Article
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
TeacherHajeni, HajeniNIDN0920048706
TeacherSalama, NurdinNIDN0911058902
Uncontrolled Keywords: Peran Guru dan Orang Tua; Kedisplinan; Anak Usia Dini
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Nianti Nianti
Date Deposited: 15 Oct 2024 06:37
Last Modified: 15 Oct 2024 06:37
URI: http://repository.umpalopo.ac.id/id/eprint/5092

Actions (login required)

View Item View Item