agus susanti, Enda and Anuar, Arman Bin and Fahmi, Ainul (2024) HUBUNGAN LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA. HUBUNGAN LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA, 5 (2). pp. 1-13. ISSN 2775-8060
Image (sampul artikel)
ENDA AGUS SUSANTI_201230012.pdf - Cover Image Download (30kB) |
|
Text (artikel)
ENDA AGUS SUSANTI_201230012.docx - Submitted Version Download (202kB) |
|
Text (lembar turnitin)
ENDA SUSANTI_201230012.pdf - Supplemental Material Download (356kB) |
|
Other (link artikel/jurnal/riset)
JAPKP - Additional Metadata Download (32kB) |
Abstract
Pendidikan yang berkualitas tidak hanya bergantung pada kurikulum yang baik, tetapi juga pada dukungan yang diberikan kepada siswa, salah satunya melalui layanan bimbingan belajar. Hubungan antara layanan bimbingan belajar dan motivasi belajar siswa menjadi semakin penting, mengingat peran motivasi dalam mencapai hasil belajar yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara layanan bimbingan belajar dan motivasi belajar siswa di SMA Negeri 11 LUWU. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain analisis deskriptif korelasional, teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini melibatkan 120 siswa kelas X dan XI dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 83 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan menggunakan skala likert. Data dikumpulkan menggunakan angket dan dianalisis dengan SPSS 25.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan bimbingan belajar dan motivasi belajar siswa berada pada tingkat yang tinggi. Analisis korelasi Pearson mengungkapkan hubungan positif yang sangat kuat dan signifikan antara layanan bimbingan belajar dan motivasi belajar siswa (r = 0,932, p < 0,05). Temuan ini pentingnya layanan bimbingan belajar sebagai instrumen kunci dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Implikasi penelitian ini mendukung investasi berkelanjutan dalam pengembangan dan peningkatan kualitas layanan bimbingan belajar di sekolah sebagai strategi untuk meningkatkan motivasi dan potensi keberhasilan akademik siswa.
Item Type: | Article | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan yang berkualitas tidak hanya bergantung pada kurikulum yang baik, tetapi juga pada dukungan yang diberikan kepada siswa, salah satunya melalui layanan bimbingan belajar. Hubungan antara layanan bimbingan belajar dan motivasi belajar siswa menjadi semakin penting, mengingat peran motivasi dalam mencapai hasil belajar yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara layanan bimbingan belajar dan motivasi belajar siswa di SMA Negeri 11 LUWU. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain analisis deskriptif korelasional, teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini melibatkan 120 siswa kelas X dan XI dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 83 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan menggunakan skala likert. Data dikumpulkan menggunakan angket dan dianalisis dengan SPSS 25.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan bimbingan belajar dan motivasi belajar siswa berada pada tingkat yang tinggi. Analisis korelasi Pearson mengungkapkan hubungan positif yang sangat kuat dan signifikan antara layanan bimbingan belajar dan motivasi belajar siswa (r = 0,932, p < 0,05). Temuan ini pentingnya layanan bimbingan belajar sebagai instrumen kunci dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Implikasi penelitian ini mendukung investasi berkelanjutan dalam pengembangan dan peningkatan kualitas layanan bimbingan belajar di sekolah sebagai strategi untuk meningkatkan motivasi dan potensi keberhasilan akademik siswa | |||||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling | |||||||||
Depositing User: | Enda agus susanti | |||||||||
Date Deposited: | 18 Nov 2024 06:31 | |||||||||
Last Modified: | 18 Nov 2024 06:31 | |||||||||
URI: | http://repository.umpalopo.ac.id/id/eprint/5292 |
Actions (login required)
View Item |