HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSI DUKUNGAN GURU DAN KONSEP DIRI SISWA DI SMP NEGERI 8 PALOPO

Bahrum, Kartini (2020) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSI DUKUNGAN GURU DAN KONSEP DIRI SISWA DI SMP NEGERI 8 PALOPO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALOPO.

[img] Image
SAMPUL_NIM1686201006.pdf - Cover Image

Download (278kB)
[img] Text
PENDAHULUAN_NIM1686201006.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB_NIM1686201006.pdf - Submitted Version

Download (356kB)
[img] Text
Lampiran_NIM1686201006.pdf - Supplemental Material

Download (1MB)

Abstract

Konsep diri terlihat mempunyai dimensi yang berkaitan dengan kecerdasan emosi dan dukungan guru. Kemampuan seseorang untuk dirinya, seperti apa dirinya, bagaimana dirinya sehingga dapat menguasai atau mengendalikan termasuk mengerti pada saat emosinya muncul dan siswa memerlukan dukungan dari guru dalam membangun dan mengembangkan konsep diri yang positif serta dukungan guru berperan penting untuk keberhasilan siswa dalam berperilaku dan berinteraksi sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosi, dukungan guru terhadap konsep diri siswa SMP Negeri 8 Palopo. Variabel dalam penelitian ini adalah kecerdasan emosi (X1) dan dukungan guru (X2) sebagai variabel bebas dan konsep diri (Y) sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII sebanyak 281, adapun sampel dalam penelitian ini sebanyak 90 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner/angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan signifikan antara kecerdasan emosi dan konsep diri siswa yang ditunjukkan oleh nilai t-hitung kecerdasan emosi > t-tabel (5,262 > 1,662). Demikian pula dukungan guru memiliki hubungan signifikan terhadap konsep diri siswa yang ditunjukan nilai t-hitung dukungan guru > t-tabel (6,865 > 1,662),Serta kecerdasan emosi dan dukungan guru secara bersama-sama mempengaruhi konsep diri siswa. Kata kunci: kecerdasan emosi, dukungan guru, konsep diri

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorGalugu, S.Pd., M.Si., Nur SaqinahNIDN0902108902
Thesis advisorKastam, M.Pd.I, K.H. BashoriNIDN0913065701
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Kartini Bahrum
Date Deposited: 07 Dec 2020 02:40
Last Modified: 07 Dec 2020 02:40
URI: http://repository.umpalopo.ac.id/id/eprint/667

Actions (login required)

View Item View Item