Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Metode Bercerita di TK Miftahul Khair Desa Limbong

H, Hamsiani (2020) Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Metode Bercerita di TK Miftahul Khair Desa Limbong. Laporan Tugas Akhir thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALOPO.

[img] Image
SAMPUL 1686207015.pdf - Cover Image

Download (34kB)
[img] Text
Pendahuluan 1686207015.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1686207015.pdf - Submitted Version

Download (710kB)
[img] Text
Lampiran 1686207015.pdf - Supplemental Material

Download (9MB)

Abstract

This research is a classroom action research that examines 13 children of TK Miftahul Khair in Limbong Village in the academic year 2020/2021 related to children's language learning through storytelling methods. The goal to be achieved is to improve children's language skills in composing sentences through the storytelling method. The method used is classroom action research with data collection using observation sheets. The collected data were analyzed using quantitative descriptive statistics. So based on the results of the study using two learning cycles, it was found that in cycle I as many as 75% of children achieved the developmental indicator as expected (BSH) and in cycle II all children (100%) could achieve the indicator. So it can be concluded that the storytelling method can improve children's abilities in composing simple sentences Keywords: Composing Simple Sentences, Storytelling Method Abstrak Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menguji terhadap 13 orang anak TK Miftahul Khair Desa Limbong tahun ajaran 2020/2021 terkait dengan pembelajaran bahasa anak melalui metode bercerita. Adapun tujuan yang hendak dicapai adalah untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak dalam menyusun kalimat melalui metode bercerita. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan statistik deskriptif kuantitatif Maka berdasarkan pada hasil penelitian menggunakan dua siklus pembelajaran diperoleh bahwa pada siklus I sebanyak 75% anak mencapai indikator berkembang sesuai harapan (BSH) dan pada siklus II seluruh anak (100%) dapat mencapai indikator. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode bercerita dapat meningkatkan kemampuan anak dalam menyusun kalimat sederhana. Kata kunci: Menyusun Kalimat Sederhana, Metode Bercerita

Item Type: Thesis (Laporan Tugas Akhir)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorPajarianto, S.Pd.I.,M.Pd.I, Dr. HadiNIDN8883820016
Thesis advisorS.Pd.,M.Pd, NurdinNIDN91108589
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Hamsiani H 1686207015
Date Deposited: 22 Dec 2020 06:54
Last Modified: 22 Dec 2020 06:54
URI: http://repository.umpalopo.ac.id/id/eprint/766

Actions (login required)

View Item View Item