PERANAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 6 PALOPO

IRFANI M., RINI PERANAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 6 PALOPO. peranan guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di smp negeri 6 palopo. (Submitted)

[img] Text
JURNAL RINI IRFANI M..pdf - Submitted Version

Download (144kB)

Abstract

Peran guru bimbingan dan konseling di sekolah yaitu sebagai pembimbing. Guru bimbingan dan konseling sebagai salah satu tenaga pendidik yang berada di sekolah, guru bimbingan dan konseling di sekolah harus melibatkan semua pihak diantaranya yaitu peserta didik, guru mata pelajaran, kepala sekolah dan orang tua agar program bimbingan dan konseling dapat terlaksana dengan baik. Seperti diketahui motivasi belajar pada siswa tidak sama kuatnya, ada yang bisa menerima materi dengan cepat dan ada juga yang lambat. Oleh karena itu peran guru BK sangat berpengaruh di dalamnya, dan juga guru perlu membantu guru bimbingan dan konseling untuk membantu bagaimana menumbuhkan motivasi belajar siswa. Menurut hasil observasi dengan salah satu peserta didik di SMPN 6 Palopo diperoleh informasi bahwa dalam proses pembelajaran siswa lebih banyak kurang memahami pelajaran dan kurang antusias terutama didalam bidang study yang menurut mereka sulit untuk dipahami seperti contohnya pelajaran matematika, sehingga mereka sulit ketika mengerjakan tugas yang diberikan dari guru yang bersangkutan. Kata Kunci: Peran guru bimbingan dan konseling, motivasi belajar.

Item Type: Article
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
TeacherPribadi, S.Sos.I.,M.Pd.I., Dr. ImamNIDN0903068202
TeacherMarhani, S.Pd.,M.PSi, Marhani, S.Pd.,M.PSiNIDN0923058804
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Rini IRFANI RINI IRFANI M.
Date Deposited: 31 Jan 2022 01:46
Last Modified: 31 Jan 2022 01:46
URI: http://repository.umpalopo.ac.id/id/eprint/2262

Actions (login required)

View Item View Item