PERANAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XII DI SMK NUSA UNGGUL HUSADA

Sudrajad, Ajad (2022) PERANAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XII DI SMK NUSA UNGGUL HUSADA. PERANAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XII DI SMK NUSA UNGGUL HUSADA. (Submitted)

[img] Text
ajad jurnal.pdf - Submitted Version

Download (309kB)

Abstract

Dalam proses pendidikan tidak akan berjalan dengan baik tanpaadanya kerja sama kedua belah pihak, seperti peran yang dilakukan guru BK yaitubekerja samadengan guru mata pelajaran untuk lebih meningkattkan teknik pembelajaran yang lebih memancing motivasi siswa untuk lebih giat dalam belajar. Peran guru BK di SMK Nusa Unggul Husada telah berjalan dengan baik karena adanya kerjasama antara guru BK dengan guru mata pelajaran PAI. Proses belajar siswa di pantau langsung oleh guru BK dan wali kelas, serta kepala sekolah dimana guru BK bekerja sama dengan orang tua, wali kelas untuk saling mendukung dan tidak berhenti dengan satu orang semua membantu, termasuk teman-temannya juga memberikan dukungan. Untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, dalam perannya guru BK memantau ketidakhadiran siswa di setiap kelas agar upaya guru BK dapat berjalan sesuai rencana dan dapat mencapai tujuan. Upaya guru BK dalam meningkatkan motivasi belajar siswa adalah dengan memantau ketidakhadiran siswa di setiap kelas, dan ketidakhadiran tersebut terlihat beberapa siswa yang masuk dan yang tidak hadir di kelas. Dalam menciptakan siswa yang berkualitas dibutuhkan beberapa langkah. Menurut guru BK yang menggunakan layanan bimbingan individu, menurutnya teknik dan layanan tersebut mengarahkan pemikiran siswa untuk lebih aktif dalam belajar dan tepat untuk memecahkan masalah yang dialami siswa. Siswa, guru BK SMK Nusa Unggul Husada khususnya kelas XII TKJ memberikan layanan konseling yaitu bimbingan individu dengan layanan personal untuk lebih meningkatkan motivasi belajar siswa. Pembinaan individu di lakukan guru BK [ada saat jam pelajaran kosong karena tidak ada jam khusus untuk BK. Diketahui bahwa dalam pelaksanaan bimbingan individu ada tiga tahapan yang yang dilakukan oleh gurru Bk yaitu tahap awal, tahap kegiatan dan tahap penutup. Materi yang di sampaikan guru BK adalah semangat mencapai tujuan, dalam menyampaikan materi guru BK memberikan nasehat berupa arahan agar siswa dapat berfikir positif dan membawa mereka ke dalam perasaan positif dan membuang yang negatif.

Item Type: Article
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
TeacherHAJENI, HAJENINIDN0920048706
TeacherZAINURI M.Pd, MUH. IRHAMNIDN0929099002
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: AJAD SUDRAJAD
Date Deposited: 11 Oct 2022 01:56
Last Modified: 11 Oct 2022 01:56
URI: http://repository.umpalopo.ac.id/id/eprint/3011

Actions (login required)

View Item View Item