MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN MELALUI BERMAIN KARTU ANGKA PADA KELOMPOK B DI TK NURUL AZISA SALULINO KECAMATAN WALENRANG UTARA

hudayati, hudayati MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN MELALUI BERMAIN KARTU ANGKA PADA KELOMPOK B DI TK NURUL AZISA SALULINO KECAMATAN WALENRANG UTARA. MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN MELALUI BERMAIN KARTU ANGKA PADA KELOMPOK B DI TK NURUL AZISA SALULINO KECAMATAN WALENRANG UTARA.

[img] Text
Jurnal Hudayati PGPAUD.docx - Submitted Version

Download (50kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan melalui bermain kartu angka pada anak kelompom B TK Nurul Azisah Salulino. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah anak anak kelompok B TK Nurul Azisah Salulino yang berjumlah 13 orang anak. Subjek penelitian adalah kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10. Tehnik pengumpulan data menggunakan tehnik observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus berlangsung tiga kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 meningkat setelah adanya tindakan. Hasil observasi sebelum tindakan menunjukkan bahwa anak memiliki kemampuan mengenal lambang bilangan1-10 adalah 15,38%, pada siklus l meningkat menjadi 23,07% dan pada siklus ll telah mencapai indikator keberhasilan menjadi 76,92%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa bermain kartu angka dapat meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 pada anak kelompok B TK Nurul Azisah Salulino.

Item Type: Article
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorS, Nurdin0911058902
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: HUDAYATI Goccang
Date Deposited: 23 Nov 2020 07:41
Last Modified: 23 Nov 2020 07:41
URI: http://repository.umpalopo.ac.id/id/eprint/489

Actions (login required)

View Item View Item