Marwani, Titin and Galugu, Nur Saqinah and Suarja, Septya (2024) Psikoedukasi Untuk Mengurangi Kecemasan Mahasiswa Berbasis Media Sosial Tiktok. Psikoedukasi Untuk Mengurangi Kecemasan Mahasiswa Berbasis Media Sosial Tiktok, 5 (2). pp. 125-132. ISSN 2775-8060
![]() |
Image (Sampul Artikel)
Sampul.jpeg - Cover Image Download (65kB) |
![]() |
Text (Artikel)
Atikel.pdf - Published Version Download (544kB) |
![]() |
Text (Lembar Turnitin)
turnitin titin..pdf - Supplemental Material Download (250kB) |
![]() |
Other (Link Artikel/Riset/Jurnal)
33177 - Additional Metadata Download (31kB) |
Abstract
jadi masalah kesehatan mental yang membutuhkan perhatian serius. Selain stigma dan kurangnya informasi terkait kesehatan mental, mahasiswa sering mengalami tekanan akademik dan sosial yang meningkatkan risiko kecemasan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas psikoedukasi berbasis media sosial TikTok dalam mengurangi kecemasan pada mahasiswa. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan desain pre-eksperimen pada satu kelompok tanpa kontrol. Sebanyak 28 mahasiswa angkatan 2021 menjadi sampel, yang dipilih secara total sampling, dan diberikan intervensi berupa psikoedukasi melalui lima video TikTok yang membahas tentang gejala, dampak, dan teknik manajemen kecemasan. Intervensi berlangsung selama 7 hari dengan pre-test dan post-test menggunakan skala kecemasan. Hasil analisis menggunakan uji Wilcoxon menunjukkan penurunan kecemasan yang signifikan dari skor pre-test sebesar 78,61% menjadi 55,86% pada post-test (p < 0,05). Temuan ini menunjukkan bahwa psikoedukasi berbasis TikTok efektif dalam mengurangi kecemasan pada mahasiswa. Implikasi penelitian ini menunjukkan potensi penggunaan TikTok sebagai media intervensi kesehatan mental yang mudah diakses dan relevan bagi generasi mahasiswa. Diharapkan penelitian lebih lanjut dapat mengeksplorasi pengaruh berkelanjutan dari penggunaan TikTok dalam psikoedukasi mental bagi audiens yang lebih luas. Kata kunci: Psikoedukasi Kecemasan, Kesehatan Mental Mahasiswa, TikTok, Intervensi Kesehatan Mental, Media Sosial untuk Edukasi Abstract Anxiety among college students is a mental health problem that requires serious attention. In addition to stigma and lack of information related to mental health, college students often experience academic and social pressures that increase the risk of anxiety. This study aims to test the effectiveness of TikTok-based social media psychoeducation in reducing anxiety in college students. The method used was an experiment with a pre-experimental design in one group without control. A total of 28 students from the 2021 intake were the sample, selected by total sampling, and given an intervention in the form of psychoeducation through five TikTok videos discussing the symptoms, impacts, and management techniques of anxiety. The intervention lasted for 7 days with a pre-test and post-test using an anxiety scale. The results of the analysis using the Wilcoxon test showed a significant decrease in anxiety from a pre-test score of 78.61% to 55.86% in the post-test (p <0.05). These findings indicate that TikTok-based psychoeducation is effective in reducing anxiety in college students. The implications of this study show the potential for using TikTok as a mental health intervention medium that is easily accessible and relevant to the student generation. It is hoped that further research can explore the ongoing impact of TikTok use in mental psychoeducation for a wider audience.. Keywords: Anxiety Psychoeducation, College Student Mental Health, TikTok, Mental Health Intervention, Social Media for Education
Item Type: | Article | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Psikoedukasi Kecemasan, Kesehatan Mental Mahasiswa, TikTok, Intervensi Kesehatan Mental, Media Sosial untuk Edukasi Keywords: Anxiety Psychoeducation, College Student Mental Health, TikTok, Mental Health Intervention, Social Media for Education | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling | |||||||||
Depositing User: | Titin Marwani | |||||||||
Date Deposited: | 19 Feb 2025 02:11 | |||||||||
Last Modified: | 19 Feb 2025 02:11 | |||||||||
URI: | http://repository.umpalopo.ac.id/id/eprint/5351 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |