PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN INVESTASI GENERASI MILENIAL MELALUI FEAR OF MISSING OUT

Salaming, Nadillah and Jasman, Jumawan and Asriany, Asriany (2025) PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN INVESTASI GENERASI MILENIAL MELALUI FEAR OF MISSING OUT. PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN INVESTASI GENERASI MILENIAL MELALUI FEAR OF MISSING OUT, 7 (2). pp. 123-138. ISSN 2623 - 2472

[img] Image (Sampul Artikel)
journalThumbnail_en_US.jpg - Cover Image

Download (125kB)
[img] Text (Artikel)
4854-Article Text-22945-1-10-20250701.pdf - Published Version

Download (411kB)
[img] Text (Lembar Turnitin)
Hasil Cek Plagiasi.pdf - Supplemental Material

Download (974kB)
Official URL: https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/jepa/article/...

Abstract

Internet telah menjadi bagaian tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat modern, terutama bagi generasi milenial yang tumbuh dengan teknologi yang canggih. Perkembangan teknologi digital telah membawa perubahan besar pada generasi milenial, mereka sering memanfaatkan platfrom digital untuk memperoleh informasi terkait trik dan tips investasi melalui media sosial, untuk membantu mengambil keputusan investasi. Dengan melakukan investasi dapat membangun kehidupan dimasa depan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tujuan menguji hubungan antar variabel. Penelitian dilaksanakan di Luwu Utara, data dikumpulkan melalui distribusi kuesioner elektronik yang disebarkan menggunakan Google Form. Teknikpengumpulan data yang digunakan adalah purposive sampling dengan kriteria sampel. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan metode Structural Equation Model (SEM) dengan aplikasi SmartPls. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media sosial memiliki pengaruh terhadap keputusan investasi generasi milenial di Luwu Utara, Selain itu media sosial juga memiliki pengaruh terhadap fear of missing out dan fear of missing out memiliki pengaruh terhadap keputusan investasi secara parsial. Sedangkan media sosial memiliki pengaruh terhadap keputusan investasi generasi milenial yang dimediasi oleh fear of missing out.

Item Type: Article
Contributors:
ContributionContributorsID/NIDN/NIDK
TeacherJasman, JumawanNIDN0924098701
TeacherAsriany, AsrianyNIDN0913027402
Uncontrolled Keywords: Media sosial; FOMO; Keputusan investasi; Generasi milenial
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Nadillah Salaming
Date Deposited: 02 Jul 2025 06:43
Last Modified: 02 Jul 2025 06:43
URI: http://repository.umpalopo.ac.id/id/eprint/5599

Actions (login required)

View Item View Item