Bahasa : Media Pembelajaran BACALIS Untuk Anak Usia Dini

Inka, inka and Ulpi, Wahyuni and Alam Ramli, Syamsul (2025) Bahasa : Media Pembelajaran BACALIS Untuk Anak Usia Dini. Bahasa : Media Pembelajaran BACALIS Untuk Anak Usia Dini, 6 (2). pp. 890-904. ISSN 2723-6390

[img] Image (Sampul)
SAMPUL.jpeg - Cover Image

Download (55kB)
[img] Text (Artikel)
Jurnal Inka.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Cek Plagiasi)
cek Turnitin.pdf - Supplemental Material

Download (64kB)
[img] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Additional Metadata

Download (1MB)
Official URL: https://doi.org/10.37985/murhum.v6i2.1591

Abstract

ABSTRAK. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perkembangan bahasa anak dengan kemampuan membaca dan menulis menggunakan media Bacalis di kelas B. Penelitian ini termasuk dalam jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus mencakup empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi observasi, dokumentasi, dan wawancara. Keberhasilan penelitian ditandai dengan tercapainya peningkatan kemampuan bahasa anak, khususnya dalam membaca dan menulis menggunakan media Bacalis, dengan target minimal 85%. Temuan penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan anak. Pada tahap pratindakan, sebanyak 14 anak (87,5%) masih berada pada kategori Belum Berkembang (BB), 2 anak (12,5%) termasuk dalam kategori Mulai Berkembang (MB), dan belum ada anak yang mencapai kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) maupun Berkembang Sangat Baik (BSB). Pada pelaksanaan siklus I, terjadi kemajuan dengan 5 anak (19%) berada di kategori BB, 4 anak (25%) di kategori MB, 4 anak (25%) mencapai kategori BSH, dan 3 anak (31%) sudah berada di kategori BSB. Selanjutnya, pada siklus II, peningkatan signifikan terlihat dengan tidak adanya anak yang masih berada di kategori BB, hanya 1 anak (6%) di kategori MB, 1 anak (6%) di kategori BSH, dan sebagian besar, yaitu 14 anak (88%), telah mencapai kategori BSB. Kata Kunci : Bahasa; Kemampuan Membaca; Menulis; Media Bacalis ABSTRACT. This study aims to improve children's language development with reading and writing skills using Bacalis media in class B. The type of research is classroom action research which is carried out in two cycles. Each cycle consists of four stages, namely planning, implementation, observation, and reflection. Data collection techniques in this study are observation, documentation, and interviews. The indicator of success in this study is if the increase in children's language in reading and writing skills using Bacalis Media reaches 85%. The results of this study indicate an increase in children during the pre-action, there were 14 or 87.5% children who had not yet developed (BB), 2 or 12.5% children who had begun to develop (MB), 0 or 0% children who were developing according to expectations, and 0 or 0% children who were developing very well (BSB). In cycle I there were 5 or 19% of children Not Yet Developing (BB), 4 or 25% of children Starting to Develop (MB), 4 or 25% of children Developing According to Expectations (BSH), and 3 or 31% of children Developing Very Well (BSB). In cycle II there were 0 or 0% of children Not Yet Developing (BB), 1 or 6% of children Starting to Develop (MB), 1 or 6% of children Developing According to Expectations (BSH), and 14 or 88% of children Developing Very Well (BSB). Keyword : Language; Reading Skills; Writing Skills; Bacalis Media

Item Type: Article
Contributors:
ContributionContributorsID/NIDN/NIDK
UNSPECIFIEDUlpi, Wahyuni0910129301
UNSPECIFIEDAlam Ramli, Syamsul0905098802
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: INKA Inka
Date Deposited: 22 Sep 2025 02:11
Last Modified: 22 Sep 2025 02:11
URI: http://repository.umpalopo.ac.id/id/eprint/5931

Actions (login required)

View Item View Item