Efektivitas Konseling Kelompok Teknik Cognitive Defusion Terhadap Self-confidence Siswa Introvert

Al Ridwan, Muhammad Faisal and Galugu, Nur Saqinah and Anuar, Arman Bin (2025) Efektivitas Konseling Kelompok Teknik Cognitive Defusion Terhadap Self-confidence Siswa Introvert. Efektifitas Konseling Kelompok Teknik Cognitive Defusion Terhadap Self Confidence Siswa Introvert, 11 (1). pp. 89-98. ISSN 2477-6300, DOI: 10.31602/jbkr.v11.i1.19335

[img] Image (Sampul Artikel)
SAMPUL_211230014.jpg - Cover Image

Download (87kB)
[img] Text (Artikel)
Efektivitas Konseling Kelompok Teknik Cognitive Defusion Terhadap Self-confidence Siswa Introvert.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Lembar Turnitin)
Turnitin Efektivitas konseling kelompok teknik cognitive defusion terhadap self-confidence siswa introvert .pdf - Supplemental Material

Download (827kB)
Official URL: https://dx.doi.org/10.31602/jbkr.v11i1.19335

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan layanan konseling kelompok dengan teknik cognitive defusion dalam meningkatkan self-confidence pada siswa introvert di SMAN 2 Luwu. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kepercayaan diri siswa introvert yang ditandai dengan keraguan dalam bertanya dan menjawab di kelas, ketakutan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler, serta minimnya partisipasi sosial. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi-experiment tipe one group pretest-posttest. Sampel terdiri dari enam siswa kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2 yang dipilih melalui purposive sampling. Teknik pengumpulan data meliputi angket skala self-confidence, wawancara, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan konseling kelompok dengan teknik cognitive defusion efektif dalam meningkatkan self-confidence. Hal ini terlihat dari peningkatan rata-rata skor self confidence dari 41,67 pada pre-test menjadi 94,17 pada post-test, dengan kenaikan sebesar 52,5. Uji Paired Sample T-Test menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 ≤ 0,05, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara sebelum dan sesudah perlakuan. Dengan demikian, hipotesis H1 diterima dan layanan yang diberikan terbukti efektif. Kata Kunci: Konseling kelompok, Cognitive Defusion, Self-confidence, Siswa Introvert.

Item Type: Article
Contributors:
ContributionContributorsID/NIDN/NIDK
TeacherGalugu, Nur SaqinahNIDN0902108902
Teacherbin Anuar, ArmanNIDN0903119001
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Konseling kelompok, Cognitive Defusion, Self-confidence, Siswa Introvert.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: 211230014 Faisal
Date Deposited: 29 Sep 2025 03:19
Last Modified: 29 Sep 2025 03:19
URI: http://repository.umpalopo.ac.id/id/eprint/5959

Actions (login required)

View Item View Item