Gambaran Gejala Psikosomatis Pada Santri Tahfidz Di Pesantren Nizamuddin Palopo

Athiyyah, Ayumi and Suarja, Septya and Kadir, Abdul and Fahmi, Ainul (2025) Gambaran Gejala Psikosomatis Pada Santri Tahfidz Di Pesantren Nizamuddin Palopo. GAMBARAN GEJALA PSIKOSOMATIS PADA SANTRI TAHFIDZ DI PESANTREN NIZAMUDDIN PALOPO, 8 (5). pp. 634-647. ISSN 2614-4123

[img] Image (Sampul Artikel)
Sampul_211230032.jpeg - Cover Image

Download (83kB)
[img] Text (Artikel)
Gambaran Gejala Psikosomatis Pada Santri Tahfidz Di Pesantren Nizamuddin Palopo_211230032.pdf - Published Version

Download (402kB)
[img] Text (Lembar Turnitin)
Turnitin_Gambaran Gejala Psikosomatis Pada Santri Tahfidz Di Pesantren Nizamuddin Palopo.pdf - Supplemental Material

Download (602kB)
[img] Other (Link Artikel/Riset/Jurnal)
28118 - Additional Metadata

Download (39kB)
Official URL: https://doi.org/10.22460/fokus.v8i5.28118

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan gejala psikosomatis yang dialami santri tahfidz di Pesantren Nizamuddin Palopo serta menganalisis faktor dan implikasinya terhadap proses pembelajaran dalam pendidikan pesantren. Santri tahfidz menghadapi beban kognitif dan emosional yang tinggi dalam proses menghafal Al-Qur’an, yang dapat memicu gejala psikosomatis seperti migren, gangguan tidur dan keluhan fisik lainnya tanpa sebab medis yang jelas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Informan dalam penelitian yakni santri tahfidz Nizamuddin Palopo berjumlah 5 informan, berjenis kelamin perempuan. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat santri tahfidz yang mengalami gejala psikosomatis yang berkaitan dengan tekanan dalam menghafal Al-Qu’an, stres dan kecemasan serta perasan dan pikiran negatif. Gejala psikosomatis yang dialami santri tahfidz ialah gejala pada bagian kepala dan gastrointestinal, gejala kelelahan dan gangguan tidur serta gejala pada bagian dada dan perubahan frekuensi. Kebaruan penelitian ini yakni dengan memfokuskan pada santri tahfidz, yaitu kelompok yang terlibat dalam aktivitas penghafalan Al-Qur'an. Temuan ini menunjukkan pentingnya integrasi pendekatan psikopedagogis dalam kurikulum tahfidz dan pembinaan santri, guna menciptakan lingkungan belajar yang sehat dan berkelanjutan. Penelitian ini memberikan kontribusi bagi pengembangan pendidikan yang lebih holistik, dengan mempertimbangkan aspek kesehatan mental sebagai bagian integral dari proses pendidikan Islam. Kata Kunci: Gejala psikosomatis, Santri tahfidz, Kesehatan mental

Item Type: Article
Contributors:
ContributionContributorsID/NIDN/NIDK
TeacherSuarja, SeptyaNIDN1009098601
TeacherKadir, AbdulNIDN0910029201
Uncontrolled Keywords: Gejala psikosomatis, Santri tahfidz, Kesehatan mental
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: A Yumi
Date Deposited: 17 Oct 2025 04:56
Last Modified: 17 Oct 2025 04:56
URI: http://repository.umpalopo.ac.id/id/eprint/6061

Actions (login required)

View Item View Item