Athiyyah, Ayumi and Suarja, Septya and Kadir, Abdul and Fahmi, Ainul (2025) Gambaran Gejala Psikosomatis Pada Santri Tahfidz Di Pesantren Nizamuddin Palopo. GAMBARAN GEJALA PSIKOSOMATIS PADA SANTRI TAHFIDZ DI PESANTREN NIZAMUDDIN PALOPO, 8 (5). pp. 634-647. ISSN 2614-4123
![]() |
Image (Sampul Artikel)
Sampul_211230032.jpeg - Cover Image Download (83kB) |
![]() |
Text (Artikel)
Gambaran Gejala Psikosomatis Pada Santri Tahfidz Di Pesantren Nizamuddin Palopo_211230032.pdf - Published Version Download (402kB) |
![]() |
Text (Lembar Turnitin)
Turnitin_Gambaran Gejala Psikosomatis Pada Santri Tahfidz Di Pesantren Nizamuddin Palopo.pdf - Supplemental Material Download (602kB) |
![]() |
Other (Link Artikel/Riset/Jurnal)
28118 - Additional Metadata Download (39kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan gejala psikosomatis yang dialami santri tahfidz di Pesantren Nizamuddin Palopo serta menganalisis faktor dan implikasinya terhadap proses pembelajaran dalam pendidikan pesantren. Santri tahfidz menghadapi beban kognitif dan emosional yang tinggi dalam proses menghafal Al-Qur’an, yang dapat memicu gejala psikosomatis seperti migren, gangguan tidur dan keluhan fisik lainnya tanpa sebab medis yang jelas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Informan dalam penelitian yakni santri tahfidz Nizamuddin Palopo berjumlah 5 informan, berjenis kelamin perempuan. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat santri tahfidz yang mengalami gejala psikosomatis yang berkaitan dengan tekanan dalam menghafal Al-Qu’an, stres dan kecemasan serta perasan dan pikiran negatif. Gejala psikosomatis yang dialami santri tahfidz ialah gejala pada bagian kepala dan gastrointestinal, gejala kelelahan dan gangguan tidur serta gejala pada bagian dada dan perubahan frekuensi. Kebaruan penelitian ini yakni dengan memfokuskan pada santri tahfidz, yaitu kelompok yang terlibat dalam aktivitas penghafalan Al-Qur'an. Temuan ini menunjukkan pentingnya integrasi pendekatan psikopedagogis dalam kurikulum tahfidz dan pembinaan santri, guna menciptakan lingkungan belajar yang sehat dan berkelanjutan. Penelitian ini memberikan kontribusi bagi pengembangan pendidikan yang lebih holistik, dengan mempertimbangkan aspek kesehatan mental sebagai bagian integral dari proses pendidikan Islam. Kata Kunci: Gejala psikosomatis, Santri tahfidz, Kesehatan mental
Item Type: | Article | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Gejala psikosomatis, Santri tahfidz, Kesehatan mental | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling | |||||||||
Depositing User: | A Yumi | |||||||||
Date Deposited: | 17 Oct 2025 04:56 | |||||||||
Last Modified: | 17 Oct 2025 04:56 | |||||||||
URI: | http://repository.umpalopo.ac.id/id/eprint/6061 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |