EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI

WIKA, WIKA EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI. EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI. (Submitted)

[img] Image
sampul_1786201026.pdf - Cover Image

Download (196kB)
[img] Text
pendahuluan_1786201026.pdf - Submitted Version

Download (513kB)
[img] Text
BAB_1786201026.pdf - Submitted Version

Download (747kB)
[img] Text
lampiran_1786201026.pdf - Supplemental Material

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya fenomena wabah Covid-19 yang melanda dunia dari tahun 2020 hingga saat ini akhir tahun 2021.Dimana pemerintah menerbitkan peraturan baru untuk siswa diliburkan dan dianjurkan belajar dari rumah sehingga guru-guru harus lebih kreatif dalam menyampaikan materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran daring dan metode pembelajaran daring yang di gunakan di beberapa sekolah yang ada di kota palopo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi,dimana tehnik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi.Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan member checking dan analisis tematik, dimana informan penelitian berjumlah tujuah orang yang terdiri dari empat orang guru mata pelajaran sebagai informan utama dan tiga orang siswa sebagai informan pendukung. Hasil penelitian menggambarkan beberapa guru dan peserta didik menilai bahwa pembelajaran daring kurang efektif namun adapula yang menilai bahwa pembelajaran daring efektif namun kurang maksimal serta ada juga yang menilai pembelajaran daring efektif apabila media pembelajaran yang digunakan tepat serta adanya kerja sama antara guru, orang tua siswa dan siswa. Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran daring dapat efektif apabila guru-guru mata pelajaran dapat kreatif dalam menyampaikan materi pembelajaran, menggunakan mrtode serta media pembelajaran yang tepat serta adanya kerjasama antara guru, orangtua dan siswa. Kata Kunci: Efektivitas, pembelajaran daring, covid19

Item Type: Article
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
TeacherWIJAYA CIPTA, ASWIDYNIDN0902069002
TeacherNASRIANDI, NASRIANDINIDN0923079301
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: WIKA 1786201026
Date Deposited: 29 Aug 2022 08:02
Last Modified: 29 Aug 2022 08:02
URI: http://repository.umpalopo.ac.id/id/eprint/2750

Actions (login required)

View Item View Item