PENGARUH MINAT MOTIVASI BELAJAR DAN SARANA PRASARANA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PJOK SISWA SMA NEGERI 6 PALOPO

Arifin, Sidiq (2022) PENGARUH MINAT MOTIVASI BELAJAR DAN SARANA PRASARANA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PJOK SISWA SMA NEGERI 6 PALOPO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALOPO.

[img] Image
sampul.pdf - Cover Image

Download (158kB)
[img] Text
PEDAHULUAN.pdf - Submitted Version

Download (844kB)
[img] Text
Bab 1-5.pdf - Submitted Version

Download (895kB)
[img] Text
lampiran.pdf - Submitted Version

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh minat belajar siswa terhadap hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran PJOK. Untuk mengetahui pengaruh smotivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran PJOK. Untuk mengetahui pengaruh sarana prasarana terhadap mata pelajaran PJOK. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif dengan menggunakan Sampel berjumlah 70 siswa yang dipilih secara Purposive Sampling dari seluruh siswa (i) SMAN 6 Palopo yang ada di di Jalan. Patang II No. 61, Tomarundung, Wara Barat Kota Palopo. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik pembagian kuesioner dengan bantuan geogle form untuk penyebaran kuesioner minat belajar, motivasi belajar dan sarana prasarana. Untuk hasil belajar pengumpulan data dilakukan dengan pemberian soal dengan bantuan geogle form yang dinilai oleh guru PJOK SMAN 6 Palopo. Analisis data dengan menggunakan uji validitas, uji realibilitas, statistik deskriptif, uji normalitas, uji T, uji F, uji R dan uji regresi linear sederhana. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan april sampai mei 2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk Minat Belajar (X1) t hitung = 9.611 > t tabel = 1.667 dengan signifikan 0,000 < 0,05 artinya terdapat pengaruh dan signifikan terhadap Hasil Belajar. terdapat pengaruh yang signifikan minat belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran PJOK, hal ini ditunjukan dengan nilai sig = 0,000 < 0,05. untuk Motivasi Belajar (X2) t hitung = 12.308 > t tabel = 1.667 dengan signifikan 0,000 < 0,05 artinya terdapat pengaruh dan signifikan terhadap Hasil Belajar. Dan untuk Sarana Prasarana (X3) t hitung = 11.496 > t tabel = 1.667 dengan signifikan 0,000 > 0,05 artinya terdapat pengaruh dan signifikan terhadap Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorHidayat, RachmatNIDN0914059201
Thesis advisorNur,, SuaibNIDN0931059102
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani
Depositing User: sidiq arifin arifin
Date Deposited: 16 Feb 2023 06:40
Last Modified: 16 Feb 2023 06:40
URI: http://repository.umpalopo.ac.id/id/eprint/3330

Actions (login required)

View Item View Item