PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 BUA

Aswar, Aswar (2025) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 BUA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALOPO.

[img] Image
SAMPUL.pdf - Cover Image

Download (70kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version

Download (649kB)
[img] Text
BAB.pdf - Submitted Version

Download (646kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (557kB)

Abstract

INTISARI Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Bimbingan Kelompok terhadap peningkatan motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Bua. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-posttest yang melibatkan satu kelompok siswa sebagai kelas eksperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bua yang berjumlah 36 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan membagikan angket kepada siswa yang mejadi subjek penelitian setelah dan sebelum penerapan bimbingan kelompok. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan uji wilcoxon untuk mengetahui perbedaan rata-rata angket motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan bimbingan kelompok, sehingga dapat diketahui pengaruh Bimbingan Kelompok dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan bimbingan kelompok berpengaruh terhadap peningkatan motivasi belajar siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Bua. Hal tersebut terlihat dari adanya peningkatan motivasi belajar siswa dimana sebelum penerapan bimbingan kelompok rata-rata motivasi belajar siswa berada pada kategori cukup baik dan kemudian mengalami peningkatan setelah penerapan bimbingan kelompok rata-rata motivasi belajar siswa berada pada kategori baik. Kata Kunci: bimbingan kelompok, motivasi belajar ABSTRACT This study aimed to determine the effect of group guidance on increasing student motivation in class VIII at SMP Negeri 1 Bua. The type of research used in this study was experimental research with a one group pretest-posttest research design involving one group of students as the experimental class. The subjects of this research were the students of class VIII SMP Negeri 1 Bua namely 36 people. Data was collected by distributing questionnaires to students who were the subject of research after and before the application of group guidance. The data collected was analyzed using the Wilcoxon test to determine the difference in the average student learning motivation questionnaire before and after the application of group guidance, so that it can be seen the effect of group guidance in increasing students' learning motivation. The results show that the application of group guidance has an effect on increasing student motivation in Class VIII at SMP Negeri 1 Bua. This can be seen from the increase in student learning motivation where before the application of group guidance the average student learning motivation was in the good enough category and then increased after the application of group guidance the average student learning motivation was in the good category. Keywords: group guidance, learning motivation

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsID/NIDN/NIDK
Thesis advisorGalugu, Nur SaqinahNIDN0902108902
Thesis advisorKadir, AbdulNIDN0910029201
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Aswar Aswar Aswar
Date Deposited: 10 Jul 2025 07:30
Last Modified: 10 Jul 2025 07:30
URI: http://repository.umpalopo.ac.id/id/eprint/5659

Actions (login required)

View Item View Item